Berita

PWI Malang Raya Sukses Gelar UKW, 46 Wartawan Lulus Kompetensi Angkatan 33 dan 34

Selasa, 21 September 2021 - 20:59
PWI Malang Raya Sukses Gelar UKW, 46 Wartawan Lulus Kompetensi Angkatan 33 dan 34 Ketua PWI Malang Raya saat menutup kegiatan UKW angkatan 33 dan 34 di Kampus C IBU, Selasa (21/9/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan meluluskan 46 wartawan berkompeten se Malang Raya dari total 48 wartawan yang ikut serta dari tingkat Muda, Madya dan Utama.

Bertempat di Kampus C Ikip Budi Utomo (IBU), Jl Citandui No 46, Kota Malang, kegiatan UKW ini digelar sejak Sabtu (18/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021).  UKW dibagi pada dua angkatan, yakni angkatan 33 dan 34.

Ketua PWI Jawa Timur (Jatim), Ainur Rohim mengapresiasi PWI Malang Raya, karena telah menggelar UKW dan mampu menghasilkan wartawan yang profesional dan berkompeten.

"Terima kasih pengurus PWI Malang Raya yang sudah ikut andil menciptakan wartawan profesional dan berkompeten," ujar Ainur, Selasa (21/9/2021).

PWI Malang Raya 2Perwakilan tingkat Utama, Madya dan muda saat menerima sertifikat kelulusan UKW. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

Ainur menjelaskan, sejak tahun 2013, PWI Malang Raya ini telah sukses meluluskan 4 angkatan termasuk di tahun ini pada angkatan 33 dan 34.

Terlebih, kata Ainur, PWI Malang Raya termasuk yang paling aktif menggelar UKW dan pada Bulan Desember 2021 mendatang, akan kembali menggelar UKW bagi wartawan Malang Raya.

"Di era ini, kompetensi dan profesional menjadi tuntuan yang luar biasa bagi wartawan, sehingga ini (UKW) tentu sangat diperlukan," ungkapnya.

Kemudian, perwakilan PWI Pusat yang juga menjadi salah penguji di tingkat Madya dan Utama, Djoko Tetuko menjelaskan, dalam hal menulis tidak hanya tentang kebenaran saja. Akan tetapi, juga kerapian dalam berpakaian, performance hingga attitude (sopan santun) harus bisa dipertanggung jawabkan.

"Kepala, tangan dan semua akan dipertanggung jawabkan. Jangan gegabah, kalau masih menyebarkan berita yang tidak benar, dosanya akan bertumpuk," tegasnya.

Djoko pun berpesan, ketika wartawan yang sudah berkompeten dan lulus UKW, agar tak bersikap sombong. Hal ini ditekankan, agar setiap wartawan untuk tetap mengutamakan kualitas yang dimiliki dengan liputan dan berita yang juga berkualitas.

"Jadi padi merunduk rendah hati. Tapi karya jurnalistiknya menggetarkan dunia," katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Malang Raya, Cahyono meminta kepada para wartawan yang telah dinyatakan lulus dan berkompeten untuk selalu menjaga marwah PWI sebagai organisasi wartawan yang paling besar.

"Alhamdulilah hampir keseluruhan dinyatakan lulus pada UKW di 1 kelas tingkat utama, 2 kelas tingkat madya dan 5 kelas tingkat muda," imbuhnya.

Dengan suksesnya UKW yang digelar oleh PWI Malang Raya ini, Cahyono mengungkapkan bahwa ujian ini tak main-main dan sangat ketat. Hal ini dikalukan untuk menghasilkan wartawan yang benar-benar memenuhi kualitas dan berkompeten di bidangnya.

"PWI tidak main-main dalam mengedukasi dan menghasilkan wartawan berkualitas, sehingga nantinya di lapangan para wartawan ini bekerja secara profesional," pungkasnya. (*) 

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.