Berita

Seleksi Putra Putri Terbaik Duta Pancasila Kabupaten Malang 2021 Dimulai

Senin, 06 Desember 2021 - 17:20
Seleksi Putra Putri Terbaik Duta Pancasila Kabupaten Malang 2021 Dimulai Sambutan pada momen seleksi calon Duta Pancasila. (Foto: Ratu Bunga/TIMESIndonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Senin (6/12/2021) hari ini, di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM, Pangentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang bersama rekan Duta Pancasila mengadakan seleksi calon Duta Pancasila Kabupaten Malang 2021.

Acara tersebut diikuti sebanyak 140 siswa Sekolah Menengah Atas dari 33 Kecamatan. Seleksi dimulai pukul 09.00 WIB dan terbagi atas dua sesi. Yang mana setiap sesi akan diikuti oleh sebanyak 70 peserta dan setiap sesi juga masih dibagi dua kloter.

Selain itu, proses seleksi juga turut dihadiri juri meliputi Yatimul Ainun selaku Pembina Dua Pancasila dan Pimpinan Redaksi TIMES Indonesia, Polres Malang, Dosen STIKES Kepanjen, Ketua Umum Milenial Utas, Ketua Umum Duta Pancasila, dan tak lupa Azizah Zamzam sebagai General Manager Duta Pancasila.

Proses seleksi diwarnai dengan tes tulis yang dilakukan secara online dan open interview atau interview terbuka langsung dengan para juri.  Tes tulis dilakukan dengan cara panitia yang membagikan link kepada peserta untuk diikerjakan di gadget masing-masing.

Pemilihan Duta pancasila Kab Malang 1Sesi wawancara terbuka peserta kepada juri. (Foto: Ratu Bunga/TIMES Indonesia)

Sedangkan untuk wawancara terbuka, dilakukan dengan berkelompok. Di mana panitia akan memanggil setiap lima orang untuk maju kedepan dari kloter yang sama. Setelah itu, peserta akan menerima pertanyaan langsung dari juri kemudian menjawabnya.

Masing-masing peserta yang maju, hanya akan memiliki waktu selama satu menit untuk menjawab pertanyaan dari juri. Pertanyaan yang disampaikan seputar kebangsaan Indonesia dan juga tentunya Pancasila beserta nilai-nilai dan cara masing-masing peserta dalam menerapkannya dikehidupan sehari-hari.

Begitu juga dengan tes tulis, meski dalam satu sesi terbagi menjadi dua kloter namun seleksi dilakukan secara bersamaan. Tes tulis berjalan setelah panitia membagikan link kepada peserta, sementara wawancara terbuka dengan peserta lainnya tetap berlangsung sehingga proses seleksi berjaan efektif.  

Proses seleksi hari ini merupakan wujud dari persiapan yang telah dilakukan selama tiga bulan dan hari ini merupakan tahapan yang pertama dengan agenda interview dengan tes online yang berupa Tes Potensi Akademik.

Bilqis Islach Waffrodah selaku ketua Duta Pancasila menyebut jika proses seleksi untuk tahap pertama tahun ini sangat luar biasa baik dari panitia dan peserta.

Pemilihan Duta pancasila Kab Malang 2Penilaian dewan juri kepada peserta. (Foto: Ratu Bunga/TIMES Indonesia)

"Kalau masalah kendala sih belum ada yang terlalu urgent dan sejauh ini masih bisa teratasi. Hanya saja untuk beberapa peserta  untuk berkomunikasi kepada mereka yang tidak ikut dalam komunitas di WhasApp perihal menanyakan mereka masuk di sesi berapa," jelas Bilqis. 

Acara ini mendapat dukungan penuh dari Kapolres Malang dan mendapat instruksi untuk membantu kelancaran terselenggaranya acara tersebut. Maka prosesi berjalan dengan efektif berkat panitia Duta Pancasila dan dukungan SATPAS Malang untuk memberi fasilitas kepada calon peserta Duta Pancasila Kabupaten Malang 2021.

Proses seleksi pada hari ini memasuki tahap pertama dan akan dilanjut kembali pada seleksi tahap kedua hari Senin, 13 Desember 2021 mendatang. Selain peserta, juga hadir beberapa dewan guru yang turut serta mendampingi dan ikut berfoto dengan dewan juri. 

Menurut Bilqis, berdasarkan evaluasi pemilihan Duta Pancasila tahun kemarin hanya terpusat di Kabupaten dan terpilih 15 dari 200 peserta pendaftar.

Saat membuat program, yang mana kita meyakini jika setiap Kecamatan pasti memiliki kader sehingga mudah bagi kami melakukan sosialisasi mengenai semangat kepancasilaan pada masing-masing pemuda di Kecamatan tersebut," tutup ketua Duta Pancasila Kabupaten Malang. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.