Berita

Menparekraf Sandiaga Uno Serahkan Penghargaan 50 Besar ADWI 2021 ke Desa Wisata Serang Blitar 

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 15:57
Menparekraf Sandiaga Uno Serahkan Penghargaan 50 Besar ADWI 2021 ke Desa Wisata Serang Blitar  Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan penghargaan Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar Jawa Timur, yang masuk 50 besar ADWI 2021 kepada Bupati Blitar Rini Syarifah, Sabtu (16/10/2021). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, BLITAR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar, Sabtu (16/10/2021). Dalam kesempatan itu Sandiaga menyerahkan penghargaan Desa Serang yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)  2021.

Sandiaga tiba di Desa Wisata Serang pada Jumat (15/10/2021) malam. Ia menginap di Homestay di Desa Wisata Serang. Selanjutnya, pada Sabtu pagi, Sandiaga Uno melaksanakan lari pagi dari tempat menginap menuju Pantai Serang.

Usai berlari menyisir Pantai Serang, kemudian ia senam bersama emak emak Desa Serang serta Bupati Blitar Rini Syarifah. Kemudian, ia mendengarkan pemaparan terkait profil Desa Wisata Serang. 

Menparekraf Sandiaga Uno blitar 3Menparekraf Sandiaga Uno bersama Bupati dan Forkopimda Kabupaten Blitar melapas tukik di Santai Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar Jawa Timur. (Foto: Sholeh /TIMES Indonesia)

Setelah itu, Sandiaga Uno bersama Bupati Blitar dan Forkopimda Kabupaten Blitar menyempatkan diri untuk mengunjungi obyek wisata Goa Kedung Krombang yang menjadi salah satu obyek wisata di Desa Serang.

Kemudian, ia bersama rombongan melepaskan tukik ke laut. Kurang lebih 100 Tukik dilepaskan pada kesempatan itu. Kegiatan Sandiaga di Pantai Serang berakhir dengan penyerahan penghargaan Desa Serang yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

"Saya melihat kesiapan homestay terhadap kesiapan protokol terhadap adaptasi protokol kesehatan dan integrasi aplikasi PeduliLindungi. Semua ini sedang kita pantau dan Alhamdulillah ada beberapa peningkatan dari peningkatan protokol kesehatan untuk lebih baik lagi kedepannya," kata Sandiaga Uno.

Menurutnya, Desa Wisata adalah wisata berbasis masyarakat yang harus diterapkan dengan protokol kesehatan. Protokol kesehatan diterapkan agar pariwisata bergerak kembali dan ekonomi pulih dan lapangan kerja kembali terbuka.

Sandiaga menegaskan, pihaknya akan terus berkoordinasi lintas kementerian dan juga pemerintah daerah dan masyarakat pengelola destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif agar transisi ekonomi berjalan saat penerapan PPKM.

Menparekraf Sandiaga Uno blitar 2Menparekraf Sandiaga Uno lari pagi bersama warga Desa Wisata Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar Jawa Timur. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

"Kita dengan pembukaan kembali rute internasional untuk masuk ke Bali diharapkan kita lakukan dengan penuh kesiapan dan penuh kedisiplinan terhadap protokol kesehatan," terangnya.

Sementara itu, Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan rasa syukur atas raihan penghargaan desa Wisata Serang yang langsung diberikan oleh Menteri Pariwisata.

Ia berharap, dengan mendapat penghargaan itu Desa Wisata Serang akan semakin di kenal oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Sehingga akan memberikan tambahan pendapatan masyarakat Desa Wisata Serang.

"Semoga ke depan Desa Wisata Serang akan semakin berkembang dan maju dan dikenal di mancanegara," ujarnya. (*) 

Pewarta : Muhammad Sholeh
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.