Berita

Bupati Malang Abah Sanusi dan Wabup Raih Penghargaan Bergengsi Kementerian LHK RI

Selasa, 15 Juni 2021 - 15:12
Bupati Malang Abah Sanusi dan Wabup Raih Penghargaan Bergengsi Kementerian LHK RI Bupati Malang Abah Sanusi ketika menyaksikan pengumuman Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia).

TIMES MALANG, MALANG – Penghargaan bergengsi diraih Bupati Malang Abah Sanusi dan Wabup Malang, Didik Gatot Subroto. Keduanya meraih penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian LHK RI (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI).

Penghargaan diumumkan secara virtual oleh Kementerian LHK RI yang disaksikan Bupati Malang Abah Sanusi di Peringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Selasa (15/6/2021).

Turut mendampingi Bupati Malang Abah Sanusi, Sekda Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM dan sejumlah pejabat maupun Kepala OPD Pemkab Malang terkait penghargaan tersebut.

Dalam penghargaan ini, Pemkab Malang mendapat peringkat ke tiga dalam Pemkab Kategori besar yang Kepala Daerahnya berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan.

Sekda Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM mengatakan, penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra  dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait dengan komitmen kepala daerah terhadap lingkungan.

Menteri LHK RISambutan dari Menteri LHK RI terkait Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020 yang disaksikan Bupati Malang Abah Sanusi secara virtual. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia).

"Jadi penghargaan ini, bentuk aktualisasi Kepala Daerah dalam rangka menindak lanjuti kebijakan pemerintah pusat dalam hal pengelolaan lingkungan hidup. Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan juga menyampaikan ini adalah bentuk kepemimpinan atau Green Leadership,” ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan, Komitmen Kepala Daerah dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup seperti yang tertuang dalam visi-misi Kabupaten Malang pada RPJMD tahun 2016-2021.

Kemudian kata Wahyu, dilanjutkan dengan RPJMD Kabupaten Malang 2021-2026 yang di bawah kepemimpinan Sanusi-Didik dengan mengusung visi misi Malang Makmur.

"Jadi selain melihat apa yang sudah dilakukan Pemda baik pelaporan, pelaksanan lingkungan hidup, penanganan lingkungan hidup dan hasilnya, ada juga paparan kepala daerah," beber mantan Camat Tajinan ini secara gamblang.

Lanjut dia, paparan dari Kepala Daerah itu juga diserahkan ke kementerian. Kemudia oleh kementerian Lingkungan Hidup di share di YouTube dan ada penilaian dari masyarakat.

OPD Pemkab MalangPejabat dan kepala OPD Pemkab Malang yang menyaksikan Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

"Pemkab Malang terakhir mendapatkan penghargaan ini pada tahun 2018. Ini merupakan hasil kepemimpinan yang baik dari Bapak Bupati Malang karena sangat konsen terhadap lingkungan hidup,” jelasnya.

Selanjutnya kata dia, usai menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian LHK RI, Bupati Malang Abah Sanusi dan Wabup Malang ke depannya terus melestarikan lingkungan yang diaktualisasikan melalui RPJMD. (*)

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.