https://malang.times.co.id/
Berita

Diskumdag Kota Batu Gelar Lomba Desain Batik

Selasa, 21 September 2021 - 21:41
Diskumdag Kota Batu Gelar Lomba Desain Batik Membangkitkan potensi batik di kalangan masyarakat, Diskumdag gelar lomba desain batik. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, BATU – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batu yang jatuh pada bulan 17 Oktober mendatang, Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan atau Diskumdag Kota Batu menggelar Lomba Desain Batik.

Lomba bergengsi bertemakan Pesona Batik Khas Batu ini dibuka untuk kategori pelajar dan umum. Kasie Pengembangan UM dan IKM, Diskumdag Kota Batu, Andry Yunanto SE MSA menjelaskan bahwa lomba yang digelar bekerja sama dengan CSI dan Dekranasda Kota Batu akan menjadi barometer batik khas Kota Batu. 

Pasalnya, pemenang dari lomba ini selain berhak atas hadiah total jutaan rupiah, akan ditampilkan dalam pameran kain khas Kota Batu yang rencananya akan dilaksanakan nanti pada 7 Oktober 2021 mendatang.

Diskumdag Kota Batu 2

“Kita berharap lewat ajang ini, anak-anak Kota Batu bisa ikut berkarya dan lebih mencintai kain batik khas kota sendiri,” ujar Andry.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, lewat kategori pelajar bisa diikuti pelajar SD/SLB/SMP, SMA dan SMK.
Selain itu masyarakat umum juga bisa mengikuti lomba desain batik, Pesona Batik Khas Kota Batu yang diselenggarakan mulai kemarin (20/9/2021) dan berakhir nanti pada tanggal 7 Oktober 2021.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online, lewat link yang sudah dishare Diskumdag yakni bit.ly/394wROH (kategori pelajar) dan bit.ly/3nzeObq (kategori umum) mulai tanggal 20 hingga 25 September 2021.

Menurut Andry, pembuatan karya mulai dilakukan pada 27 September 2021 hingga 9 Oktober 2021. Pengumpulan karya bisa dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 5 Oktober 2021 dengan mengirimkan karya melalui email [email protected] dan menyerahkan karya fisiknya ke kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Batu di Jl Abdul Ghani Atas, Kelurahan Ngaglik.

Diskumdag Kota Batu 3

“Tema desain yakni Pesona Batik Kota Batu, pengerjaan di kertas manila A3, pewarnaan bebas unsur batik, teknik desain manual dan digital,” ujar Andry.

Peserta Lomba Desain Batik wajib mengumpulkan narasi filosofi batik diketik di kertas A4 font Times New Roman ukuran 23 spasi 1,5 maksimal 2 halaman. Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi PLUT Kota Batu. (*) 

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.