Berita

Kementerian PUPR RI Raih Predikat Sangat Baik dalam Anugerah Meritokrasi 2021

Rabu, 08 Desember 2021 - 17:06
Kementerian PUPR RI Raih Predikat Sangat Baik dalam Anugerah Meritokrasi 2021 Ilustrasi - Proses seleksi dan promosi pekerja di Kementerian PUPR RI.(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES MALANG, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementetian PUPR RI) memperoleh kategori pelaksanaan sistem merit sangat baik pada Anugerah Meritokrasi yang diselenggarakan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada Selasa (7/12/2021) di Surabaya. 

Anugerah Meritokrasi merupakan acara penghargaan yang digelar dalam rangka mengapresiasi instansi pemerintah yang berhasil menerapkan sistem merit dengan baik dan sangat baik. 

Pada tahun 2021, Kementerian PUPR RI berhasil mendapat kategori sangat baik dengan total nilai 395, terjadi peningkatan dibandingkan tahun 2019 dimana Kementerian PUPR RI mendapatkan nilai 365,5. 

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan digelarnya Anugerah Meritokrasi menjadi bukti konsistensi penegakan atas pengawasan meritokrasi di instansi pemerintah sesuai amanat UU No 5 tahun 2014 tentang ASN. Iktikad baik tersebut diyakini dapat mengakselerasi tercapainya reformasi ASN Indonesia yang merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai reformasi birokrasi. 

“Sistem merit harus diterapkan secara konsisten mulai dari sistem rekrutmen ASN, penggajian dan reward, pengukuran kinerja, promosi jabatan, hingga pengawasan,” kata Wapres Ma'ruf Amin. 

Proses-seleksi-dan-promosi-pekerja-2.jpg

Wapres Ma'ruf Amin menjabarkan, dalam rangka akselerasi dan optimalisasi penerapan sistem merit, dibutuhkan pengembangan dan penguatan implementasi manajemen talenta dalam manajemen ASN untuk mempersiapkan kader penerus dengan talenta terbaik yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik. 

Di samping itu, baik instansi pemerintah maupun SDM perlu meningkatkan agility dan kemampuan adaptif untuk menghadapi tantangan dan dinamika perubahan di tingkat nasional. 

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR RI Mohammad Zainal Fatah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KASN yang telah melakukan asistensi, pendampingan, dan evaluasi terhadap penerapan sistem merit di Kementerian PUPR. 

Dengan penghargaan yang telah diterima, Kementerian PUPR RI memiliki tugas untuk menjaga dan mempertahankan prestasi yang telah dicapai serta menerapkan sistem merit secara konsisten di Kementerian PUPR RI. 

“Prestasi ini merupakan hasil jerih payah, kerja keras dan dukungan semua pihak di Kementerian PUPR, terutama yang tugas fungsinya berkaitan erat dengan delapan aspek sistem merit yaitu Sekretariat Jenderal yang dimotori oleh Biro Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana serta Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) oleh Pusat Pengembangan Talenta,” ujar Fatah. 

Plt Kepala BPSDM Kementerian PUPR RI Sugiyartanto menambahkan bahwa Kementerian PUPR RI selalu berupaya menjaga dan memperkuat penerapan sistem merit dengan mengoptimalkan manajemen ASN di lingkungan Kementerian PUPR RI. 

“Mengingat tugas ASN Kementerian PUPR adalah membangun dan memelihara infrastruktur yang semakin masif dan tersebar di seluruh wilayah RI, sehingga dalam mewujudkan fungsi pelayanannya kita terus menerus berupaya mengoptimalkan talent pool ASN yang ada secara konsisten,” tuturnya. 

Sebagai informasi, sejak 2019 hingga pengujung 2021, KASN telah menilai 347 instansi pemerintah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 106 instansi telah mendapatkan kategori baik dan 46 lainnya mendapatkan kategori sangat baik. 

Pada tahun 2021, KASN menetapkan 45 instansi, termasuk di dalamnya Kementerian PUPR RI, memperoleh kategori pelaksanaan sistem merit sangat baik dan 77 instansi dengan predikat baik. “Kami mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap seluruh instansi pemerintah yang telah berkomitmen untuk menerapkan sistem merit serta ikut dalam penilaian penerapan sistem merit dan kami berharap pula agar prestasi kali ini menjadi pemicu untuk perbaikan yang berkelanjutan dalam manajemen ASN di instansi pemerintah,” terang Ketua KASN Agus Pramusinto. (*) 

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.