https://malang.times.co.id/
Berita

Divaksin Covid-19, Lansia Kota Batu Tetap Berpuasa

Selasa, 13 April 2021 - 21:02
Divaksin Covid-19, Lansia Kota Batu Tetap Berpuasa Salah satu lansia di Kota Batu saat disuntik vaksin Covid-19. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, BATU – Mendapatkan vaksin Covid-19 di bulan Ramadan tidak menghalangi warga lanjut usia atau lansia di Kota Batu untuk berpuasa. Mereka tetap menjalankan ibadah puasa seperti biasa.

Seperti dua warga lansia dari Kecamatan Bumiaji mereka tetap berpuasa. "Saya nonton televisi katanya MUI memberikan fatwa kalau vaksinasi tidak membatalkan puasa, jadi saya tetap puasa," ujar Yuliati.

vaksinasi Lansia Kota Batu 2

Terlebih menurut Yuliati, ia tidak merasakan apa-apa setelah menerima suntikan Vaksin Sinovac. "Waktu disuntik tidak sakit, Alhamdulillah sekarang tidak merasakan apa-apa," ujarnya.

Hari ini di Kecamatan Bumiaji vaksinasi dilakukan di Desa Sumbergondo dan Desa Bulukerto. Mereka menerima Vaksinasi Covid-19 dosis 1 tahap 2 yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sumbergondo.

Hari ini sasaran vaksin adalah lansia warga Desa Sumbergondo sebanyak 30 orang dan warga Desa Bulukerto sebanyak 20 orang.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Batu, dr Susan Indahwati mengatakan meski berpuasa, para lansia tetap diperbolehkan menerima vaksin.

vaksinasi Lansia Kota Batu 3

"Boleh, gak ada masalah, Insya Allah lancar, yang penting Istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi, dan konsumsi suplemen untuk membantu peningkatan daya tahan tubuh. Bila ditemukan adanya keluhan kesehatan, segera menghubungi faskes terdekat," ujar Susan.

Ia menjelaskan bahwa selain di Puskesmas yang ada di tiga kecamatan di Kota Batu, ada beberapa instalasi kesehatan yang melakukan vaksinasi dengan sasaran guru, pelayan publik dan lansia di Kota BatuVaksin Covid-19 diberikan di RS Karsa Husada, dr Etty Asharto, RS Bhayangkara, dan RS Baptis. (*) 

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.