https://malang.times.co.id/
Berita

Wacana Becak Wisata, Disporapar Siap Tunjang Terminal Wisata Madyopuro

Selasa, 09 Februari 2021 - 16:47
Wacana Becak Wisata, Disporapar Siap Tunjang Terminal Wisata Madyopuro Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni. (Dok. TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Pembangunan Terminal Wisata Madyopuro yang telah direncanakan bakal terealisasi pada tahun 2021 ini oleh pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang nampaknya mendapat respon positif dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni saat dikonfirmasi oleh TIMES Indonesia.

Dirinya mengatakan, untuk profesi becak yang bakal menjadi objek becak wisata di kawasan Terminal Wisata Madyopuro tersebut nampaknya bisa menjadi pelengkap maupun penunjang wisata dikawasan tersebut.

"Nanti dikoordinasikan dengan Dishub dan Polresta. Kalau saya setelah terbentuk itu nanti pihak kita yang membina mas. Yang pastinya, becak wisata tersebut harus mendukung sebagai destinasi wisata. Jadi mereka punya style sendiri untuk menerima wisatawan," ungkap Ida, Selasa (09/02/2021).

Ida menegaskan, jika memang becak wisata sebagai penunjang wisata yang ada di kawasan Terminal Wisata Madyopuro nantinya, pihaknya siap membina jika memang sudah terbentuk untuk menindak lanjuti rute yang bakal dituju.

"Kalau sudah terbentuk nanti kami bina. Lalu kita bicarakan dengan Dishub dan Polresta ke mana saja rute-rutenya. Bagaimana pun pembinaan tersebut memang sudah tugas Disporapar seperti kampung dan transportasi wisata," ungkapnya.

Sementara itu, Ida menjelaskan, situasi yang ada di kawasan Madyopuro tersebut memang sangat mendukung. Apalagi juga berdekatakan dengan kawasan Exit Tol, sehingga para wisatawan pun bisa langsung beristirahat di terminal wisata Madyopuro.

"Itu kan (Terminal Wisata Madyopuro) bisa dipakai untuk rest area exit tol, sehingga pembangunan yang sudah kami buatkan DED (Detail Engineering Design) nya seperti ada pusat kuliner dan suvenir. Semoga dengan adanya ini nanti bisa menunjang wisata di Kota Malang," paparnya.

Lalu, untuk berkas hingga saat ini pihak Disporapar sudah menyerahkan kepada pihak Dishub. Sehingga saat ini tinggal menuju proses pematangan dan bisa direalisasikan di tahun 2021 ini.

"Untuk fasilitas (Terminal Wisata Madyopuro) sudah tertuang di dalam DED nya mas. Berkas juga sudah diserahkan ke Kepala Dishub Kota Malang," ucap Kepala Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.