https://malang.times.co.id/
Berita

Gunung Lewatobi Kembali Erupsi, PVMBG Keluarkan Peringatan untuk Wisatawan

Kamis, 12 September 2024 - 09:07
Gunung Lewatobi Laki-laki Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Setinggi 900 Meter Gunung Lewotobi Laki-Laki kembali erupsi pada Kamis (12/9/2024). Pos Pengamatan mencatat kolom abu mencapai tinggi 700-900 meter. (ANTARA/HO-PVMBG)

TIMES MALANG, KUPANGGunung Ile Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur kembali erupsi.

Lontaran abu vulkanik mencapai kisaran tinggi 700 hingga 900 meter dan menjadikan status gunung api ini tetap dalam level III atau Siaga.

"Erupsi itu terjadi selama periode pukul 00:00-06.00 WITA," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki Dany Erlangga Yosa Putra dalam laporannya yang diterima di Kupang, Kamis (12/8/2024).

Tercatat dalam periode tersebut terjadi tiga kali erupsi atau letusan. Erupsi juga mengeluarkan asap warna kelabu dan mengakibatkan aliran lava ke arah Timur Laut sejauh lebih kurang 4,3 kilometer dari pusat erupsi.

Pos Pengamatan juga mencatat kegempaan vulkanik dalam terjadi sebanyak 10 kali dengan amplitudo 2.22 hingga 6.66 millimeter, sementara gempa tektonik jauh tercatat sebanyak lima kali.

Terkait erupsi ini, PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) mengeluarkan rekomendasi berupa imbauan kepada warga yang bermukim di sekitar gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius tiga kilometer dari pusat erupsi gunung tersebut.

Termasuk juga Lewotobi perempuan serta empat kilometer arah sektoral Utara-Timur laut dan lima kilometer pada sektor Timur laut dari pusat erupsi gunung Lewotobi Laki-laki.

"Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan pemerintah daerah serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya," ujar Yosa Putra. (*)

 

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.