Berita

Unit Satwa K9 Polresta Malang Kota Beroperasi di Mall, Ada Apa?

Jumat, 03 Desember 2021 - 06:17
Unit Satwa K9 Polresta Malang Kota Beroperasi di Mall, Ada Apa? Aiptu Imam Mukson Ridlo saat melatih anjing pelacak bernama Ed di area parkir Matos untuk menyambut Nataru 2022. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Sejumlah anggota polisi satwa K9 (pawang) mengoperasikan sejumlah anjing milik Unit Satwa K9 Polresta Malang Kota, saat dilakukan latihan indoor di area parking, Malang Town Square (MATOS) Kamis (2/12/2021).

Anjing-anjing yang dilatih tersebut memiliki berbagai macam spesifikasi kemampuan diantaranya yaitu Anjing Handak untuk mendeteksi bahan peladak dan Anjing SAR Cadaver untuk mendeteksi keberadaan jenazah korban akibat bencana alam.

Mengingat Unit Satwa K9 ini berada dibawah Satuan Sabhara, Polresta Malang Kota yang bersifat Bantuan Teknis (Bantek) harus selalu siap jika dibutuhkan, terutama alat utamanya yaitu satwa K9.

Briptu-Luqman-saat-usai-berlatih-pencarian-korban-dnegan-anjing-SAR-Cadaver-bernama-HIPP.jpgBriptu Luqman saat usai berlatih pencarian korban dnegan anjing SAR Cadaver bernama HIPP di area parkir Matos untuk antisipasi perbantuan dan pencarian korban bencana alam. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

Pawang Utama Polresta Malang Kota Aiptu Imam Mukson Ridlo menjelaskan pihaknya harus senantiasa melatih dan mengasah serta meningkatkan kemapuan dan ketrampilan, utamanya anjing deteksi handak dalam rangka pengaman di wilayah hukum Polresta Malang Kota dan sekitarnya guna menjamin keamanan kegiatan yang ada.

"Ya maksudnya supaya siap personil dan memastikan satwanya juga siap," ucapnya.

Anjing-jenis-German-Shepherd-Dog.jpgAnjing jenis German Shepherd Dog (GSD) Working Line bernama HIPP yang memiliki spesifikasi SAR (search and rescue) Cadaver.(FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

Termasuk anjing SAR karena saat ini musim penghujan dan selaku polri harus siap dalam membantu apabila ada bencana contoh banjir, tanah longsor, yang disebut tanggap bencana.

"Sebagai wujud pengabdian kami seperti yang diperintahkan dan diajarkan oleh Bapak Kapolresta Malang Kota agar ikhlas dalam tugas untuk masyarakat," ujar Pakde panggilan akrabnya di jajaran Unit Satwa K9 Polri

Di kesempatan yang lain Kapolresta Malang Kota AKBP budi Hermanto juga menjelaskan bahwa latihan yang dilaksanakan tersebut merupakan bagian dari kesiapsiagan para anggota Unit Satwa K9 Polresta Malang Kota, baik dari personil pawang dan personil satwa untuk pengamanan menyambut peryaan Natal dan Tahun Baru 2022. (*)

Pewarta : Adhitya Hendra
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.