Berita

Dies Natalis ke-23, UKM LKP2M UIN Maliki Malang Launching Buku Antologi dan Jurnal

Senin, 04 Juli 2022 - 12:58
Dies Natalis ke-23, UKM LKP2M UIN Maliki Malang Launching Buku Antologi dan Jurnal Dies Natalis ke-23 UKM LKP2M UIN Maliki Malang. (Foto: UIN Malang for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kajian Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa (UKM LKP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) meluncurkan buku antologi dan jurnal, bertepatan pada Dies Natalis ke-23.

Karya tersebut berupa buku antologi berjudul “Rongga Disetiap Roda Kehidupan” dan Jurnal loroNG Vol. 11 No. 1 Tahun 2022. Perayaan Dies Natalis ke-23 UKM LKP2M UIN Malang digelar di Hotel Pelangi Dua Merjosari pada Jumat, (1/7/2022).

Peringatan Dies Natalis ini mengusung tema Together For Better Future. Menurut Direktur LKP2M, Maulana, tema ini mengandung harapan untuk LKP2M agar menjadi lembaga kajian dan pengembangan mahasiswa yang lebih baik.

"Untuk mewujudkan itu diperlukan evaluasi dan inovasi. Dua hal tersebut tidak dapat direalisasikan tanpa adanya kolaborasi dan sinergi antar pengurus, anggota, serta lembaga dan organisasi lain," tuturnya.

Perhelatan ini berlangsung meriah dengan dihadiri oleh tamu undangan dari para alumni UKM, pembina, pelatih, delegasi dari beberapa UKM di UIN Malang, beberapa perwakilan UKM Penalaran se-Malang Raya dan segenap pengurus sekaligus anggota LKP2M.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, Direktur, dan Pembina LKP2M. Kemudian dilanjutkan pemotongan kue bersama sebagai simbol doa dan harapan bahwa bisa lebih maju dan jaya.

Di usia yang telah memasuki dewasa ini, UKM LKP2M diharapkan tetap konsisten dalam membaca, menulis, dan meneliti yang merupakan ruh dari UKM yang konsen pada penalaran dan penelitian ini.

“Jika kalian ingin mengenal dunia maka membacalah, dan jika kalian ingin dikenal dunia maka menulislah,” jelas Achmad Diny Hidayatullah, selaku pembina LKP2M.

"UKM perlu antisipasi pada lima sampai sepuluh tahun yang akan datang, apa perkumpulan seperti ini tetap diminati. Era disrupsi dimana banyak mahasiswa yang butuh cepat dan instan, perlu digagas model kegiatan dan pengkaderan yang relevan sesuai dengan kebutuhan zaman", imbuhnya.

Acara inti dari serangkaian kegiatan dies ini yaitu launching buku antologi dan jurnal. Buku ini merupakan hasil karya keroyokan dari para anggota LKP2M yang mengikuti Writing Class. Program ini diselenggarakan kurang lebih selama satu bulan dan telah berhasil menerbitkan tulisan opini dan cerpen.

Sedangkan penerbitan jurnal, LKP2M memiliki Jurnal LoroNG yang merupakan karya yang terbit sejak 11 tahun lalu. Dan tahun ini serasa istimewa. Hal ini karena Jurnal LoroNG  berhasil menjadi satu-satunya jurnal mahasiswa (undergraduate riset journal) yang memiliki DOI dan ber-ISSN (International Standard Serial Number). Hal ini menjadikan Jurnal LoroNG dianggap dan diperhitungkan di UIN Malang terutama dikalangan mahasiswa.

Pada perhelatan dies ini, secara resmi Gus Dalle selaku Pelatih LKP2M melauncing dua karya tersebut. Dalam sambutannya ia menuturkan, jadikan keberhasilan saat ini sebagai refleksi untuk diri sendiri, bukan untuk membaca kepintaran orang lain.

"Jangan sampai kita flexing dan sombong atas karya ini. Akan tetapi tetap tawadhu dan konsisten dalam menulis," tegasnya.

Tak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh sederet penampilan dari para anggota LKP2M dengan tarian, nyanyian, dan game. UKM Komust UIN Malang juga turut hadir dalam lineup untuk memeriahkan semarak malam “Dies Natalis UKM LKP2M UIN Maliki Malang” dengan membawakan lagu-lagu hits anak muda saat ini. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.