Berita

Pemkot Malang Tandatangani Komitmen Pembangunan Mal Pelayanan Publik

Selasa, 02 Maret 2021 - 19:29
Pemkot Malang Tandatangani Komitmen Pembangunan Mal Pelayanan Publik Wali Kota Malang, Sutiaji saat menandatangani komitmen pembangunan MPP di Hitel Fairmont, Jakarta, Selasa (02/03/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mewakili Pemkot Malang, Wali Kota Malang bersama 38 kepala daerah lain melakukan penandatanganam komitmen pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang juga disaksikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (02/03/2021).

Komitmen tersebut dilakukan demi harapan untuk bisa menjadi kunci keberhasilan pemerintah dalam memberikan pelayanan berkualitas melalui MPP. Sehingga nantinya dapat dirasakan manfaat yang bisa berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya di Kota Malang.

Tandatangani Komitmen Pembangunan Mal Pelayanan Publik bWali Kota Malang, Sutiaji saat berada di Jakarta untuk menandatangi komitmen pembangunan MPP, Selasa (02/03/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang/TIMES Indonesia)

Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo mengatakan pembentukan MPP ini memerlukan  komitmen yang kuat, mulai dari Gubernur, Bupati hingga Walikota. 

Dimana komitmen tersebut pun bisa menjadi kunci keberhasilan dalam menghadirkan MPP yang manfaatnya bisa dirasakan secara berkelanjutan oleh masyarakat.

"Kami membangun komitmen dengan bapak Ibu sekalian untuk bisa mempercepat proses pelayanan publik yang diharapkan oleh seluruh masyarakat. Kami mendorong kecepatan aparatur pemerintah dalam memberikan layanan yang terbaik," ujar Tjahjo, Selasa (02/03/2021).

Setelah itu, Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan Pemkot Malang telah mematangkan kesiapan operasional MPP yang bakal bertempat di Alun-Alun Mal Kota Malang. Rencananya sendiri, Pemkot Malang bakal segera melaunching MPP pada bulan Agustus 2021 mendatang.

"Kami minta dipastikan bulan Agustus 2021, tinggal penyempurnaan di akhir," kata Sutiaji.

Untuk saat ini, lanjut Sutiaji, persiapan Mal Pelayanan Publik sudah siap dan berharap dengan adanya MPP tersebut nantinya bisa mempermudah masyarakat dalam mengurus beragam pelayanan dan perizinan.

Terlebih lagi, kata Sutiaji, lokasi penempatan MPP yang berada di Alun-Alun Mal Kota Malang tersebut mudah diakses oleh masyarakat Kota Malang.

"Goalnya itu adalah bagaimana masyarakat terlayani dengan baik. Bisa memangkas birokrasi dan meniadakan calo," ungkapnya.

Bahkan, Sutiaji sendiri ingin berinovasi yakni bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Kota Malang. Nantinya PTN dan PTS tersebut bisa ikut serta hadir membuka layanan di MPP.

"Saya tadi punya inisiasi, gimana kalau kita buka kerjasama dengan APTSI dan PTN. Dimana ketika mahasiswa perlu dokumen ijazah, maka bisa juga di MPP. Karena semua sudah serva connecting dengan database yang ada di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dan itu belum di miliki daerah lain," paparnya.

Tandatangani Komitmen Pembangunan Mal Pelayanan Publik c

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang menambahkan setelah adanya refocusing anggaran Covid-19 kemarin, nantinya akan ada kurang lebih sebanyak 200 layanan publik yang bakal ditempatkan di lantai tiga MPP tersebut.

"Kami sudah membahas sejak tahun lalu, sudah banyak instansi yang bergabung. Kurang lebih ada 200 jenis layanan publik," pungkasnya mewakli Pemkot Malang tentang Mal Pelayanan Publik.(*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.