TIMES MALANG, JAKARTA – Tren kendaraan listrik di Indonesia semakin berkembang pesat, terutama menjelang musim mudik lebaran 2025, di mana ribuan pemudik bersiap untuk melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman.
Pertumbuhan ini didorong oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya energi bersih, insentif pemerintah terhadap kendaraan listrik, serta ketersediaan model kendaraan listrik yang semakin beragam dan terjangkau.
Namun, lonjakan penggunaan kendaraan listrik juga membawa tantangan baru, terutama dalam hal infrastruktur pengisian daya dan kenyamanan perjalanan.
Saat ini, jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) memang terus bertambah, tetapi distribusinya belum merata di seluruh jalur mudik utama.
Banyak pengguna kendaraan listrik yang masih khawatir tentang ketersediaan SPKLU, waktu pengisian daya yang lebih lama dibanding kendaraan berbahan bakar fosil, serta fasilitas pendukung di lokasi pengisian.
Selain itu, perjalanan jauh menggunakan kendaraan listrik membutuhkan strategi khusus, seperti perencanaan rute yang matang agar dapat mencapai titik pengisian daya dengan aman tanpa risiko kehabisan baterai di tengah perjalanan.
Namun, tantangan ini justru menjadi peluang bagi Extrajoss Ultimate yang mendukung PLN, dengan menghadirkan solusi inovatif melalui program Green Coffee, Green Energy.
Melalui inisiatif ini, Extrajoss Ultimate menghadirkan Ultimate Hub di beberapa titik SPKLU PLN (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).
Mulai 24 Maret 2025, beberapa SPKLU PLN di rest area utama akan dilengkapi dengan Ultimate Hub, yang menawarkan berbagai layanan gratis bagi pemudik yang mengisi daya kendaraannya.
Selain di Rest Area, Ultimate Hub juga tersedia di pelabuhan, terminal dan stasiun.
Di antaranya, free massage, free phone charging, game interaktif, hingga Energy Recharge dengan Extrajoss Ultimate secara cuma-cuma.
Head of Marketing PT Bintang Toedjoe, Arwin Nugraha Hutasoit, menyatakan bahwa inisiatif ini bukan sekadar strategi pemasaran, tetapi juga bentuk dukungan terhadap gaya hidup aktif dan berenergi di tengah era elektrifikasi kendaraan.
"Extrajoss Ultimate hadir untuk memberikan pengalaman baru bagi pemudik. Dengan kandungan natural green coffee, kami berharap produk ini bisa menemani perjalanan mereka agar tetap fokus dan berenergi."
“Selain itu, pengunjung juga bisa menunggu dengan nyaman sambil relaksasi di booth Ultimate. Kehadiran fasilitas ini sangat membantu program kami dalam memberikan kenyamanan bagi pemudik selama perjalanan.” tambah Arwin.
Mahadhir, Manajer PLN UP3 Karawang perwakilan dari PLN menyambut baik inisiatif ini dan menegaskan bahwa sinergi antara sektor energi dan swasta dapat membawa manfaat besar bagi pengguna kendaraan listrik.
"PLN berterima kasih atas kehadiran Extrajoss Ultimate di SPKLU PLN dalam rqngka Mudik 2025 bertema Green Coffee, Green Energy.
“Kami berharap aktivasi ini dapat memberikan pengalaman lebih nyaman bagi pemudik saat mengisi daya kendaraan listrik mereka." tambah Mahadhir.
Salah satu pemudik, Budi (35), yang melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta, tidak menyangka bakal mendapatkan pengalaman berbeda di SPKLU.
“Biasanya kalau isi daya, saya cuma duduk di mobil atau main HP. Tapi di sini beda banget! Ada tempat buat pijat, bisa ngecas HP, dan dikasih Extrajoss Ultimate gratis. Serasa di pit stop F1! Jadi badan tetap segar, perjalanan lanjut lagi dengan semangat.” (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: Extrajoss Ultimate & PLN Hadirkan SPKLU Nyaman, Bikin Mudik Makin Lancar & Berenergi
Pewarta | : Imadudin Muhammad |
Editor | : Imadudin Muhammad |