https://malang.times.co.id/
Berita

Usai Dikeluhkan Warga Soal Bau Sampah, Pj Wali Kota Malang Sidak TPS Jatimulyo

Minggu, 05 Mei 2024 - 16:56
Usai Dikeluhkan Warga Soal Bau Sampah, Pj Wali Kota Malang Sidak TPS Jatimulyo Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat saat meninjau lokasi TPS Jatimulyo. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANGPj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Jatimulyo, Kota Malang, Minggu (5/5/2024).

Kedatangannya, yakni untuk meninjau langsung TPS usai dikeluhkan warga soal bau tak sedap yang menganggu aktifitas.

Wahyu mengatakan, TPS tersebut mencakup hingga 11 RW di kawasan Jatimulyo, Kota Malang. Ia juga menduga, bau tak sedap tersebut datang dari sampah yang tergenang air hujan hingga meluber ke jalanan.

"TPS ini memang dari 11 RW yang buang sampah disana. Apalagi kalau udah penuh dan hujan, itu ada aliran yang mengarah ke jalan dan baunya kemana mana," ujar Wahyu, Minggu (5/5/2024).

Ia mengungkapkan, petugas pemungutan sampah sudah ada dan terbagi dalam tiga shift. Namun, ia juga mengaku meski sudah dibersihkan, sisa sisa sampah yang terkena genangan air hingga melbuer ke jalan masih membuat aroma tak sedap menganggu masyarakat sekitar.

"Memang selalu habis (usai dipungut oleh petugas sampah). Tapi, saat hujan ada bekas sampah yang ke jalan," ungkapnya.

Oleh sebab itu, ia ingin tindakan cepat dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus segera menyelesaikan persoalan ini.

"Saya minta Kadis (Kepala Dinas) LH (Lingkungan Hidup) agar bisa menjaga sampah dan aliran agar tak meluber ke jalan," katanya.

Saat ditanya apakah perlu TPS dipindahkan, menurut Wahyu tidak. Sebab, katanya hanya perlu pengelolaan yang baik dari DLH dan masyarakat.

"Dibuat sedemikian rupa, pasti ada tekniknya untuk mencegah bau kemana mana. Jadi tidak perlu pindah, tinggal kelola yang baik," tandas Pj Wali Kota Malang. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.