Berita

Presiden Targetkan Vaksinasi 1 Juta Orang Per-Hari

Selasa, 15 Juni 2021 - 12:23
Presiden Targetkan Vaksinasi 1 Juta Orang Per-Hari Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan Peninjauan Vaksinasi Covid-19, Rumah Susun Tanah Tinggi, Jakarta, Senin (14/6/2021). (FOTO: BPMI)

TIMES MALANG, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) meminta cakupan Vaksinasi Covid-19 agar dipercepat sampai 700 ribu orang per hari pada bulan Juni dan 1 juta orang per hari pada bulan Juli.

"Untuk akselerasi vaksinasi disampaikan (Presiden Jokowi) agar dipercepat. Beliau meminta agar 700 ribu per hari bulan ini (Juni) bisa disentuh, kemudian satu juta vaksinasi per hari untuk bulan depan (Juli) bisa juga dicapai," kata Budi dikutip dari Kemenkes RI, Selasa (15/6/2021).

Untuk mencapai target itu, lanjut Budi, Kepala Negara sudah melibatkan TNI dan Polri untuk bekerja bersama pemerintah daerah. Sehingga nantinya sebanyak 600 ribu orang per hari divaksinasi akan dikejar melalui jalur pemerintah daerah sedangkan 400 ribu orang per hari akan dikejar melalui jalur sentral TNI dan Polri.

"Kami diminta untuk memastikan koordinasi yang berjalan dengan baik dan juga supply vaksinnya dilakukan dengan baik," jelasnya.

Tak cukup hanya dengan vaksinasi, Presiden Jokowi juga menekankan protokol kesehatan harus dijalankan dengan disiplin sesuai dengan PPKM mikro yang sudah diterapkan.

Prokes 1

Bahkan Panglima dan Kapolri dimintanya untuk memastikan bahwa impelmentasi di lapangan untuk PPKM mikro benar-benar sudah sesuai dengan yang dirumuskan.

Saat ini banyak terjadi klaster penularan Covid-19 di lingkungan keluarga, khususnya yang disebabkan oleh aktivitas mudik, pariwisata, kemudian juga aktivitas makan.

Presiden Jokowi meminta agar aktifitas dimana kesempatan membuka masker tinggi ini benar-benar diperhatikan dan implementasi di lapangan harus diperketat.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi juga meminta kepada Gubernur Anies Baswedan agar cakupan vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta harus mencapai 7,5 juta penduduk pada akhir Agustus mendatang.

Hal itu kata Presiden dalam upaya untuk segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. “Saya tadi telah menyampaikan kepada Gubernur DKI untuk nanti di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi," katanya Presiden kemarin.

Meskipun mengakui target tersebut cukup ambisius, namun Kepala Negara menegaskan hal ini harus dilakukan agar  kekebalan komunal dapat segera dicapai. Untuk itu, ia meminta semua jajaran terkait bekerja keras untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

“Saya berharap kerja keras semuanya, baik di tingkat wali kota, kecamatan, kelurahan, dan seluruh puskesmas, dan rumah sakit yang ada di DKI Jakarta,” ujar Presiden RI Jokowi soal Vaksinasi Covid-19. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.