Berita

Longsor Terjang Pujon, Jalan Malang-Kediri Dioperasikan Satu Lajur

Jumat, 26 Februari 2021 - 20:07
Longsor Terjang Pujon, Jalan Malang-Kediri Dioperasikan Satu Lajur Anggota TNI saat menjaga lokasi tanah longsor. (Foto: BPBD Kabupaten Malang).

TIMES MALANG, MALANG – Peristiwa tanah longsor kembali terjadi di Pujon, Kabupaten Malang. Hal ini membuat jalan Malang-Kediri untuk sementara dioperasikan satu lajur.

Tanah longsor terjadi di kawasan Dusun Lebak Sari, RT 32, RW 14, Desa Ngabab, Kecamatan Pujon. Yakni berada tepat di Jalan Provinsi menuju Malang-Kediri.

Plt Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan, dinding penyangga jalan umum jalur Malang-Kediri setinggi 4 meter dan selebar 8 meter longsor pada Kamis (25/2/2021) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Longsor-2.jpgTiang listrik hampir roboh akibat longsor. (Foto : BPBD Kabupaten Malang)

"Hanya separuh jalan yang difungsikan untuk perlintasan kendaraan secara bergantian. Separuhnya kami tutup dengan garis pembatas supaya aman," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Jumat (26/2/2021) sore.

Sadono Irawan menambahkan, saat ini, tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Malang, PMI Kabupaten Malang, dan Muspika setempat sedang melakukan survey dan pengamanan perlintasan kendaraan.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. Masyarakat bersama anggota kami yang ada di lapangan dan juga TNI, kepolisian hingga relawan juga bergantian menjaga lokasi jalan longsor tersebut," tuturnya.

Longsor-3.jpgKondisi jalan di Pujon yang mengalami longsor. (Foto : BPBD Kabupaten Malang)

Menurutnya, longsor terjadi akibat hujan intensitas tinggi sehingga tanah melunak. "Untuk pembenahan jalan yang retak, kami masih melakukan koordinasi dengan pemerintah desa serta OPD terkait," tuturnya.

BPBD Kabupaten Malang mengimbau kepada pengendara yang melintas di arah Malang-Kediri tepatnya Pujon, Ngantang dan Kasembon agar lebih berhati-hati lagi, mengingat masih terjadi hujan dengan intensitas lebat yang memungkinkan terjadi tanah longsor. (*)

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.