https://malang.times.co.id/
Berita

Saat Giring Tak Rela Anies Baswedan Maju di Pilpres 2024

Selasa, 21 September 2021 - 18:24
Saat Giring Tak Rela Anies Baswedan Maju di Pilpres 2024 Gubernur Anies Baswedan setelah menjadi saksi di KPK RI soal kasus korupsi di DKI Jakarta. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, JAKARTA – Lawan politik Anies Baswedan tak henti-hentinya melepaskan serangan. Hal karena Gubernur DKI Jakartaitu adalah salah satu figur yang paling berpotensi maju di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 nanti. Selain elektabilitasnya paling moncer, ia juga mendapatkan dukungan secara terbuka dari rakyat sipil.

Terbaru, serangan itu datang dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Plt Ketua Umum PSI Giring Ganesha menuding Anies menggunakan APBD DKI untuk kepentingan Pilpres 2024 nanti. Salah satu anggaran yang disorotinya yakni gelaran Formula E.

"Uang muka dan jaminan bank bagi penyelenggaraan balap mobil Formula E dibayar Anies pada saat pemerintah secara resmi mengumumkan negara dalam keadaan darurat karena pandemi Covid-19," kata Giring dikutip Selasa (21/9/2021).

"Uang rakyat sebanyak itu dihabiskan oleh Gubernur Anies Baswedan di tengah penderitaan rakyat yang sakit, meninggal, dan hidupnya susah karena pandemi. Uang Rp 1 triliun dia (Anies Baswedan) keluarkan padahal rakyat terlantar tidak masuk ke rumah sakit yang penuh. Rakyat kesulitan makan karena kehilangan pekerjaan," imbuhnya.

Tak hanya itu saja, eks vokalis band Nidji itu menyebut Anies sebenarnya pura-pura peduli kepada warga di Jakarta terdampak Covid-19. Anies kata Giring, adalah figur pembohong belaka. Ia pun berharap besar, mantan Mendikbud RI itu tidak menjadi Presiden Indonesia.

"Pura-pura peduli adalah kebohongan Anies Baswedan di tengah pandemi dan penderitaan orang banyak. Rekam jejak pembohong ini harus kita ingat sebagai bahan pertimbangan saat pemilihan nanti di 2024. Jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan pembohong. Jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan Anies Baswedan," jelasnya.

Sebelumnya, akhir Februari 2021, Fraksi PSI DPRD DKI juga pernah melontarkan wacana pengajuan hak interpelasi terkait kinerja Anies dalam menangani banjir yang terjadi di Jakarta. PSI menuding Anies menghambat kerja dinas-dinas Pemprov DKI untuk atasi banjir.

"Terkait dengan bencana-bencana banjir yang terjadi, khususnya di Februari 2021 ini, kami Fraksi PSI menyampaikan bahwa kami Fraksi PSI akan menggunakan hak interpelasi terkait permasalahan pencegahan banjir di masa pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan," ujar Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Justine Untayana, Kamis (25/2/2021) lalu.

Jelas, tuduhan tak mendasar itu pun disayangkan oleh banyak pihak. Salah satunya dari partai NasDem.

"Itu saya kaget juga ya, kok kemudian di tengah situasi begini, kita membangun narasi yang bermusuhan ya, kemudian tentunya ini cara tidak baik untuk situasi hari ini, saling menuding dan memojokkan," kata Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali  Selasa (21/9/2021).

Ia mengaku tidak paham terkait perspektif yang tengah dibangun oleh PSI terhadap Anies Baswedan. Dia menyebut seharusnya PSI menyampaikan keluhan tersebut lewat mekanisme yang ada.

"Tapi kan mestinya untuk menilai kinerja kepala daerah itu lewat pengawasan yang dilakukan oleh DPRD. PSI itu punya fraksi di DPRD DKI yang kemudian setiap tahun mereka melakukan evaluasi terhadap kinerja dari pada pemerintahan yang ada," jelasnya.

Pembelaan itu juga datang dari PKS. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyampaikan, bahwa tuduhan itu sangat tidak mendasar.

"Tak tumbang karena dicaci dan tak terbang karena dipuji. Semua bebas berpendapat, dan tugas Mas Anies fokus bekerja melayani warga Jakarta," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Selasa (21/9/2021).

Mardani pun enggan berspekulasi perihal maksud dan tujuan Giring melontarkan kritik keras untuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Anggota DPR RI itu menyerahkan penilaian atas kritik Giring ke masyarakat saja. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.