Berita

Hadapi Tantangan Pasar Global, Gus Ali Gandeng BSN Bekali Pelaku UMKM di Malang

Senin, 04 Juli 2022 - 16:07
Hadapi Tantangan Pasar Global, Gus Ali Gandeng BSN Bekali Pelaku UMKM di Malang Anggota DPR RI Ali Ahmad bersama BSN membekali pelaku UMKM di Malang Raya. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Anggota Komisi VI DPR RI Ali Ahmad atau Gus Ali bersama Badan Standarisasi Nasional (BSN) memberikan pembekalan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-Malang Raya.

Sosialisasi yang digelar Senin (4/7/2022) di Hotel Atria Malang ini untuk memberikan penguatan kepada para pelaku UMKM tentang pentingnya standarisasi produk terutama menghadapi tantangan pasar global.

"UMKM kadang-kadang berjalan apa adanya. Ketika berjalan, ada yang berhasil ada yang tidak. Ada yang benar-benar serius. Ini perlu kami targetkan bagaimana caranya pelaku UMKM bisa mengikuti standar nasional," tuturnya.

Pemerintah bersama BSN ingin menjadikan produk UMKM naik kelas agar arus produk yang masuk bisa diimbangi. Tujuan dari standarisasi produk adalah untuk melindungi produsen dan konsumen dari hal yang tidak diinginkan.

UMKM kaya Gus Ali adalah kekuatan ekonomi nasional yang terbukti mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Hal ini patut disyukuri dengan terus memperbaiki kualitas produk.

"UMKM di Malang cukup banyak. Kemarin disampaikan halal saja tapi belum menyentuh standar. Kita dikejar waktu agar UMKM mencapai standar. Dan itu tidak susah. Masyarakat masih sulit cara mengurusnya. Makanya dibutuhkan sosialisasi," jelasnya.

Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standarisasi Nasional (BSN), Triningsih Herlinawati, menjelaskan bahwa pelaku UMKM harusnya terbiasa dengan standarisasi produk.

"Kita ingin meningkatkan pemahaman masyarakat agar usahanya mendapatkan produk terbaik. Kita berbagi informasi bagaimana penerapan standarisasi. Penerapan standar bisa meningkatkan bisnis lebih baik lagi," ujarnya.

Secara tidak langsung, lanjutnya, konsumen memilih makanan anak-anak misalnya, pasti memilih standar yang baik. Makanan harus aman.

"Kalau orang melihat produk aman, orang akan percaya. Bisa dikatakan aman, itu ada standarnya. Pelaku usaha bisa menyadari hal tersebut," imbuhnya.

Ia bersyukur sosialisasi standarisasi produk UMKM didukung oleh anggota DPR RI Gus Ali (Ali Ahmad). Saat ini, BSN terus berupaya meningkatkan kualitas produk UMKM serta kesadaran masyarakat. "Standar bukan hal yang susah. Ini tantangan kami. Secara prosentase masih sedikit," pungkasnya. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.