https://malang.times.co.id/
Berita

Lezatnya Kuliner Sayur Jamur Barat dari Hutan Blora 

Selasa, 18 Januari 2022 - 16:28
Lezatnya Kuliner Sayur Jamur Barat dari Hutan Blora  Annik Rosanti Mirasari menunjukkan kuliner jamur hasil masakannya. (Foto: Firmansyah/TIMES Indonesia) 

TIMES MALANG, BLORAJamur barat atau Clitocybe Nebularis, adalah jamur yang hanya tumbuh dan ditemukan pada musim barat. Menurut orang Jawa, Barat berarti musim datangnya hujan disertai angin kencang. 

Bagi yang tinggal perdesaan, musim barat sering dimanfaatkan untuk berburu jamur dan dijadikan kuliner khas Blora yang lezat. Seperti yang dilakukan Annik Rosanti Mirasari (27), salah satu warga pinggiran hutan sekitar Desa Jomblang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini misalnya.

Sayur Jamur Barat 2Jamur barat biasanya dimasak semur, tumis kecap ataupun oseng. (Foto: Firmansyah/TIMES Indonesia)

Menurut Annik Rosanti Mirasari Dewi, keberadaan jamur barat di Blora, sangat mudah ditemukan ketika musimnya. Karena hampir 50 persen wilayah Blora adalah kawasan hutan Jati. 

"Jamur ini mudah tumbuh di lahan yang ada bekas batang pohon lapuk, banyak rayap dan tanah bertekstur lembab," jelasnya, Selasa (18/1/2022). 

Ibu rumah tangga milenial ini menambahkan, konon jamur barat muncul setahun sekali. Kesempatan kerapkali dimanfaatkan keluarga besar Annik,  untuk mencari jamur barat di dalam hutan. 

"Mereka sudah paham, kalau musim seperti ini. Pada sore atau malam hari jika terjadi barat, maka esok paginya dimulailah perburuan jamur barat. Alhamdulillah dapat satu karung, dan dibagi bagikan ketetangga," terangnya. 

Sayur Jamur Barat 3Jamur barat dianggap sebagai jamur paling enak dan lezat melebihi lezatnya daging. (Foto: Firmansyah/TIMES Indonesia)

Anik menjelaskan, jamur barat biasanya dimasak semur, tumis kecap ataupun oseng oleh masyarakat. Namun kesempatan kali ini, ia memilih sayur oseng sebagai menu santapan siangnya.

"Bumbunya sama seperti sayur oseng pada umumnya. Ada cabe rawit, bawang merah, bawang putih, gula, garam dan penyedap rasa. Tambahkan sedikit merica bubut juga enak. tapi semua tergantung selera," bebernya. 

Anik mengatakan, bahwa jamur barat dianggap sebagai jamur paling enak. Rasanya sungguh lezat melebihi lezatnya daging.  "Kalau soal rasa, jangan diragukan lagi. Jamur Barat sungguh sangat lezat. Sampai membuat anda ketagihan menyicipnya. Makan nasi dengan lauk olahan jamur barat bisa membuat anda merasa sangat kenyang. Sampai-sampai ingin menambah terus porsi makan Anda," pungkasnya.(*)

Pewarta : Arief Pramono
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.