Berita

Selangkah Lagi Menuju Peresmian Jalan Tol Akses BIJB Kertajati Majalengka

Jumat, 15 Oktober 2021 - 22:29
Selangkah Lagi Menuju Peresmian Jalan Tol Akses BIJB Kertajati Majalengka Pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati, Majalengka, yang terhubung langsung denganJalan tol Cipali. (Foto: ASTRA Tol Cipali for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MAJALENGKA – Pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati (Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati) yang terhubung langsung dengan Jalan tol Cipali di KM 158+700 merupakan akses pembuka konektivitas bagi wilayah Majalengka dan sekitarnya.

Pembangunan akses tol itu, kini sudah memasuki tahap finalisasi pekerjaan.

Bahkan, pembangunan akses BIJB Kertajati tersebut juga sudah rampung 100 persen. Mulai dari konstruksi, pembangunan Gerbang dan kantor gerbang tol juga perambuan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimun (SPM) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kami berharap pengoperasian akses BIJB Kertajati ini dapat dilakukan segera setelah rampungnya Uji Laik Fungsi (ULF) dan juga Standar Layak Operasi (SLO)," ungkap Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, Agung Prasetyo, Jumat (15/10/2021).

Agung menambahkan, untuk pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati dapat diselesaikan tepat waktu sesuai target diakhir September. Seperti yang pernah disampaikan oleh Menteri PUPR RI saat kunjungan ke lokasi di akhir Agustus lalu.

"Saat itu, Basuki Hadi muljono mengatakan, bahwa hasil pekerjaan bagus dan bisa selesai tepat waktu september 2021, sehingga diharapkan pada November 2021 dapat beroperasi untuk mendukung konektifitas menuju BIJB Kertajati," kata Agung.

"Kami juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dari berbagai pihak yang terlibat dalam pembangunan jalan tol ini, semoga dapat segera diresmikan dan beroperasi sesuai dengan target pada bulan November 2021," harap Agung menambahkan.

Agung juga berharap, dengan adanya jalan tol akses tersebut, dapat meningkatkan konektifitas dan pengembangan daerah Jawa Barat, khususnya di wilayah Kabupaten Majalengka.

Selain itu, menurut dia, bahwa pembangunan jalan tol tersebut, juga merupakan salah satu dukungan ASTRA Tol Cipali terhadap pembangunan di wilayah sekitar, khususnya pada proyek Rebana Metropolitan yang merupakan inisiasi Pemerintah Jawa Barat dalam upaya pemerataan ekonomi melalui infrastruktur.

Agung menjelaskan, bahwa Uji Laik Fungsi (ULF) sendiri, saat ini sedang dalam proses pelaksanaan oleh Badan Pengatur Jalan Tol, Binamarga, Direktorat Jalan Bebas Hambatan, Subdit Keselamatan, Keamanan Jalandan Jembatan, Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri, serta ASTRA Tol Cipali terbagi menjadi 3 tim.

Yakni Bidang Keselamatan dan Manajamen Lalu Lintas, Bidang Sarana Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap, serta Bidang Operasi dan Administrasi.

Pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati yang tidak hanya menjadi kebanggaan warga Jawa Barat. Namun juga ASTRA Tol Cipali yang merupakan salah satu bentuk perwujudan filosofi ASTRA, menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Melalui kontribusi di wilayah sekitar ditunjukan dengan dibangunnya ikon atau landmark yang berada di interchange Jalan Tol Akses Kertajati.

Ikon atau landmark yang merupakan ciri khas Jawa Barat ini mengusung tema "Melodi Panarima" yang memiliki arti menyambut kedatangan dan mengiringi perjalanan.

Diharapkan dengan dibangunnya landmark di jalan tol akses BIJB Kertajati ini, tidak hanya menjadi melodi untuk menyambut kedatangan dan mengiringi perjalanan masyarakat khususnya pengguna jalan tol. Namun juga sebagai bentuk beautifikasi yang dapat dirasakan oleh setiap orang yang memandangnya, sehingga saat berkendara di Ruas Tol Cipali, menjadi salah satu pengalaman positif bagi pengguna jalan. "Tentunya ASTRA Tol Cipali berharap dapat selalu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, khususnya, di 5 wilayah yang dilintasi oleh Tol Cipali sepanjang 116.75 Km (Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon)," jelasnya. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.