Berita

Komunitas Jaguar Mulai Buka Camp Ground Baru Menuju Arjuno

Senin, 30 November 2020 - 07:58
Komunitas Jaguar Mulai Buka Camp Ground Baru Menuju Arjuno Komunitas Jelajah Gunung Arjuno (Jaguar) yang merupakan bagian dari SuperAdventure Surabaya sukses membuka camping ground baru di Bukit Glagah Wangi, Desa Sumber Gondo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur. (foto: Dok. SuperAdventure)

TIMES MALANG, SURABAYA – Komunitas Jelajah Gunung Arjuno (Jaguar) yang merupakan bagian dari SuperAdventure Surabaya sukses membuka camping ground baru di Bukit Glagah Wangi, Desa Sumber Gondo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur.

Camp ground ini kelak diharapkan menjadi pintu masuk dibukanya jalur pendakian baru menuju Gunung Arjuno yang memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut (MPDL).

Komunitas Jelajah Gunung Arjuno b

Efendi selaku Ketua Glagah Wangi mengatakan camp ground yang dibangun Jaguar baru dibuka setahun terakhir. Tanah lapang seluas 8 hektare ini secara bertahap mulai dibabat oleh puluhan anggota Jaguar untuk bumi perkemahan bagi masyarakat umum.

Menurutnya perlu waktu berbulan-bulan untuk membuat camp ground tersebut.

"Alhamdulillah, hasilnya positif. Banyak pendaki, serta kalangan pelajar yang bermalam di sana," ungkap Effendi, didampingi Sampur Budi selaku Ketua Harian Jaguar dan Agus Purnomo selaku penasehat Jaguar, Senin (30/11/2020).

Lokasi Bukit Glagah Wangi ini sangat strategis. Pendaki bisa melihat penampakan secara utuh Gunung Arjuno Welirang.

Jika malam tiba, juga bisa melihat pemandangan jutaan lampu Kota Batu dan Malang yang indah dari ketinggian 1.400 MDPL.

Untuk bermalam di sini tidak dipungut biaya. Pendaki hanya perlu mengganti biaya tenda, makanan, termasuk pengapian seperti kayu bakar, dan jagung serta hasil bumi desa setempat. Semua fasilitas itu hanya perlu ditebus dengan harga puluhan ribu rupiah saja.

Bahkan, saat panen sayur seperti wortel dan kol melimpah, pengunjung akan diberi gratis sebagai oleh-oleh.  

“Kami juga menyediakan wisata edukasi. Jadi kalau ada family camp yang bawa anak-anak kami dampingi. Kami edukasi karena banyak satwa, serta tanaman langka berkasiat herbal, seperti akar wangi, srenggani, ciplukan, dan banyak lainnya,” ungkap Efendi.

Sepanjang jalur pendakian Desa Sumber Gondo menuju bukit tempat kamp, mata pendaki akan dimanjakan dengan kebun apel, kebun jeruk, bahkan kebun edelweiss atau bunga abadi. Pemandangan terasering juga banyak dijumpai di sepanjang jalur ini. Jaguar juga menyiapkan wisata petik apel.

Sobat SuperAdventure Surabaya Faris Affandy mengatakan SuperAdventure mendorong agar Jaguar makin produktif, kreatif, serta menjaga lingkungan tetap lestari.

Komunitas Jelajah Gunung Arjuno c

“Pekan lalu kami menggelar konser alam di sana hasil kolaborasi @uprisesurabaya.official dan @rockinsurabaya. Kami bawa pendaki ke sana, sambutannya positif, karena memang alamnya bagus, ditunjang kawasan hutan yang masih tetap lestari,” ungkapnya.

Koordinator Sobat SuperAdventure Surabaya, Affan Haris Shofwanadi sangat mendukung upaya yang dilakukan komunitas seperti misalnya menggelar pelatihan secara kontinyu manajemen pendakian yang diisi dari APGI (Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia). (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.