Berita

Harga Sembako Terpantau Naik di Pekan Pertama Ramadan

Selasa, 28 Maret 2023 - 23:02
Harga Sembako Terpantau Naik di Pekan Pertama Ramadan Memasuki pekan pertama Ramadan 2023, harga sembako relatif stabil di pasaran. (Foto: Nurul Saadah/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANGRamadan selalu identik dengan kenaikan harga berbagai bahan pokok. Seperti beras, minyak, gula dan lainnya. Kenaikan harga tersebut  bukan hal yang mengejutkan masyarakat. 

Pun hingga pekan pertama Ramadan 2023. Berbagai harga bahan pokok terpantau mengalami kenaikan. Akan tetapi, tidak melonjak begitu tinggi. 

Kenaikan harga terjadi pada beras. Untuk kualitas premium mengalami kenaikan harga dari yang awalnya Rp12 ribu menjadi Rp13 ribu per kilogram. 

Begitu pula dengan harga beras per karung, yang semula berada pada kisaran harga Rp265.000 ribu, kini mengalami kenaikan harga menjadi Rp285.000 per karung isi 20 kilogram di pekan pertama Ramadan 2023.

Selain itu, harga minyak goreng kini juga terpantau mulai merangkak naik. Contohnya minyak goreng merk Sunco dengan berat 2 liter yang mengalami kenaikan harga menjadi Rp37.000 dari harga sebelumnya Rp35.000. Ada pula minyak goreng dengan merk Minyakita yang kini berada pada kisaran harga Rp14.000.

“Saat ini berbagai bahan pokok masih mengalami kenaikan relatif stabil. Namun, kedua bahan pokok yakni beras dan minyak goreng dapat berpotensi mengalami lonjakan harga lebih tinggi ketika mendekati hari Raya Idul Fitri nantinya,” ujar Sri, pedagang sembako di Pasar Blimbing Malang.

Gula pasir juga salah satu bahan pokok yang mengalami kenaikan harga. Akan tetapi kenaikan tersebut juga relatif stabil dengan hanya mengalami kenaikan harga sebesar Rp500 per kilogram. 

Kecenderungan harga naik bisa saja teus terjadi di bulan Ramadan karena mayoritas masyarakat akan melakukan stok bahan makanan guna kebutuhan berbuka puasa dan sahur. Belum lagi saat menjelang Idul Fitri, kebutuhan relatif naik dan mempengaruhi harga bahan pokok. (*)

Pewarta : Nurul Saadah (MBKM)
Editor : Bambang H Irwanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.