https://malang.times.co.id/
Berita

Launching SINAR, Satpas Polresta Malang Kota Segera Terapkan Minggu Ini

Selasa, 13 April 2021 - 19:03
Launching SINAR, Satpas Polresta Malang Kota Segera Terapkan Minggu Ini Launching SINAR oleh Polri yang diikuti secara virtual oleh jajaran Polresta Malang Kota, Selasa (13/4/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Korlantas Mabes Polri melaunching inovasi terbaru, yakni SIM Nasional Presisi (SINAR) yang diikuti secara virtual oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, Dandim 0833/Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadona, Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution beserta jajarannya di Mapolresta Malang Kota, Selasa (13/4/2021).

Inovasi SINAR yang berbentuk aplikasi nantinya digunakan untuk mempermudah para pengendara dalam melakukan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) secara cepat, dimana saja dan kapan saja.

Polresta Malang Kota 5

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution mengatakan, nantinya masyarakat tinggal mengikuti proses yang ada dalam aplikasi yang bisa di unduh melalui playstore tersebut. Sehingga masyarakat tak perlu lagi susah payah untuk datang ke Satpas, khususnya di Polresta Malang Kota.

"Launching hari ini oleh bapak Kapolri sudah bisa dilaksanakan di Jakarta. Nantinya untuk Satpas Malang Kota akan menyesuaikan dan insyallah minggu ini sudah bisa dilaksanakan," ujar Rama, Selasa (13/4/2021).

Dikatakan Rama, untuk penerapan di Polresta Malang Kota sendiri yang dilakukan pada Minggu ini nanti, karena perlu menyiapkan beberapa maintenance maupun teknis dari Korlantas Mabes Polri untuk disambungkan langsung ke Satpas Polresta Malang Kota.

"Kemungkinan beberapa hari kedepan bisa kita terapkan. Bukan hanya di Satpas Malang Kota saja, tapi nanti di seluruh wilayah Indonesia," ungkapnya.

Inovasi SINAR sendiri, lanjut Rama, tentunya memberikan kemudahan bagi masyarakat dan juga pastinya dalam mendukung memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Polresta Malang Kota 6

Nantinya masyarakat tak perlu datang dan antri di Satpas wilayah masing-masing. Sehingga melalui aplikasi yang ada saat ini, masyarakat tingga mengikuti prosedur yang ada dengan mudah dan cepat melalui telephone genggam saja.

"Keuntungannya masyarakat tak perlu hadir, jadi tidak ada antri-antri berkerumun nanti. Untuk SIMnya sendiri nanti diantarkan menggunakan jasa PT Pos atau perwakilan yang datang mengambil dan juga bisa diambil oleh pesanan ojek online," jelasnya.

Dalam aplikasi SINAR sendiri guna memperpanjang SIM A dan SIM C, pihak Polri telah bekerja sama langsung dengan pihak Bank BNI untuk metode pembayarannya.

Ada tiga pilihan dalam pengambilan cetak SIM yang telah diperpanjang. Yakni bisa diambil langsung ketika sudah tercetak, bisa melalui Pos Indonesia untuk dikirimkan kepada pemilik SIM dan yang terakhir bisa melalui perwakilan atau menggunakan ojek online yang nantinya akan diberikan kode verifikasi langsung.

"Sebetulnya untuk proses tidak ada perbedaan dengan hadir di Satpas. Namun masyarakat hanya tak perlu hadir saja ke Satpas. Jadi tetap melaksanakan pendaftaran, tes kesehatan, tes psikologi, pembayaran dan SIM dapat langsung diterima. Apalagi database pemilik SIM untuk perpanjangan kan sudah ada di server, jadi mudah sekali nanti," paparnya.

Namun, lanjur Rama, untuk aplikasi SINAR sendiri saat ini memang hanya bisa melakukan perpanjangan SIM saja. Lalu untuk pembuatan SIM baru, khususnya di Kota Malang belum bisa melakukan tes SIM secara online.

"Pembuatan SIM baru belum bisa tes online ya. Kami masih menunggu, karena aplikasi tersebut dibuat oleh Korlantas Mabes Polri. Jadi tidak secara sendiri-sendiri," ucap Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.