Berita

Tiket Capres 2024 Ganjar-Puan di Tangan Megawati

Senin, 27 Juni 2022 - 07:44
Tiket Capres 2024 Ganjar-Puan di Tangan Megawati Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (FOTO: PDI Perjuangan)

TIMES MALANG, JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri hingga kini memilih menyembuhkan nama Calon Presiden atau Capres 2024 dari partai Banteng. Namun potensi besarnya calon tersebut antara Ganjar Pranowo dan Puan Maharani.

Bukan tanpa alasan, Ganjar misalnya, kini adalah salah satu kandidat terkuat. Gubernur Jawa Tengah itu setidaknya memiliki elektabilitas yang selalu moncer diberbagai survei.

Sedangkan Puan sendiri adalah "anak emas" di partai yang bermarkas di Menteng, Jakarta Pusat tersebut. Perempuan yang kini menjabat ketua DPR RI itu adalah anak Megawati sendiri. 

Meski begitu, sebagian pengamat politik menilai, Puan bisa saja tersingkirkan oleh Ganjar. Pasalnya, Megawati akan lebih mempertimbangkan fakta di lapangan, bawah anak kesayangannya tersebut memiliki elektabilitas rendah di setiap survei.

Pertimbangan itu pernah dilakukan oleh Megawati saat pencalonan Jokowi (Joko Widodo) oleh PDI Perjuangan pada saat jadi Capres 2014 lalu. Pria yang sudah menjabat Kepala Negara dua periode tersebut saat itu memang memiliki elektabilitas yang terbilang positif.

Sementara prediksi yang lain juga menyatakan bahwa Megawati bakal mengusung putrinya sendiri. Salah satunya hal itu diungkapkan oleh Peneliti Ahli Utama Badan Riset Inovasi Nasional Siti Zuhro.

"Saya sangat percaya kalau Puan akan dipilih Megawati. Tak mungkin Mega memilih kader lain selain anaknya," ujarnya.

Tentu itu masih prediksi. Megawati yang tahu. Dan beberapa waktu lalu, ia pun menyatakan masih melakukan seleksi nama calon tersebut. Ia tak mau publik tahu sebelum waktunya tiba.

"Saya sebagai ketua umum harus menghitung begitu, loh. Jadi, perhitungan saya belum selesai," kata Megawati. "Ya, sabar sedikit. Orang waktunya masih dua tahun, lah. Ya, boleh, dong, saya umpetin (simpan) terus," ujarnya. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.