https://malang.times.co.id/
Berita

Tanggapan PDIP Kabupaten Malang Soal Sanusi Ikut Pembekalan Cakada Jalur PKB

Minggu, 05 Mei 2024 - 09:53
Tanggapan PDIP Kabupaten Malang Soal Sanusi Ikut Pembekalan Cakada Jalur PKB Bupati Malang, HM Sanusi bersama Ketua Umum DPP PKB, H Muhaimin Iskandar. (Foto: DPC PKB Kab. Malang for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Bupati Malang sekaligus kader PDI Perjuangan, HM Sanusi, secara mengejutkan mengikuti pembekalan calon kepala daerah (Cakada) yang diselenggarakan oleh PKB di Surabaya, Sabtu (4/5/2024) kemarin.

Dari informasi yang beredar, kehadiran Sanusi dalam pembekalan Cakada PKB di Surabaya itu tanpa sepengetahuan DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Malang. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, Abdul Qodir, Minggu (5/5/2024).

"Kalau pertanyaannya apakah hadirnya Bupati Sanusi di acara pembekalan Cakada PKB sudah dibicarakan dengan DPC PDI Perjuangan, sependek yang saya ketahui belum pernah. Saya tidak tahu misalkan beliau sudah komunikasi lewat jaringan pribadi kepada Ketua DPC atau Sekretaris, karena sampai detik ini saya masih belum mendapat konfirmasi dari beliau berdua," ujar Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Abdul Qodir, Minggu (5/5/2024).

Pria yang akrab disapa Adeng tersebut menambahkan, kehadiran Sanusi pada pembekalan itu tidak terafiliasi dengan PDI Perjuangan. Kedatangan Sanusi murni sebagai individu secara pribadi.

"Hanya yang perlu saya konfirmasi adalah di DPC PDI Perjuangan itu berlaku asas kolektif kolegial. Sehingga, dapat kami simpulkan kehadiran beliau di acara tersebut atas inisiatif beliau sendiri," tegasnya.

Terlepas dari kedatangan Sanusi di pembekalan Cakada PKB, Adeng menjelaskan, Sanusi masih menjadi salah satu calon kuat untuk mendapatkan rekomendasi dari PDI Perjuangan. 

"Kami masih mengusulkan beliau sebagai calon Bupati pada Pilkada 2024, namun dengan catatan beliau tetap mengikuti mekanisme yang telah diatur oleh DPP," jelasnya.

Menurut Adeng, Sanusi bukan orang baru dalam dunia perpolitikan Kabupaten Malang. Artinya, Sanusi sangat paham mengenai konsekuensi dari tindakan yang dia ambil saat ini secara mengejutkan.

"Beliau itu bukan orang baru di politik. Saya meyakini beliau sangat paham bahwa jangankan di partai ya, dalam organisasi setingkat OSIS saja ada rule of the game yang harus di taati dan saya meyakini beliau paham tentang itu" tuturnya.

Terakhir, Adeng mengembalikan segala penilaian atas tindak tanduk Sanusi itu kepada DPP PDI Perjuangan. Apapun manuver politik yang dilakukan Sanusi, akan menjadi perhatian tersendiri bagi partai besutan Megawati Sukarnoputri.

"Sampai hari ini saya masih meyakini beliau tidak akan meninggalkan PDI Perjuangan. Karena saya paham, beliau itu orang baik. Belum lagi beliau memiliki latar belakang besar di Pondok Pesantren, artinya sangat paham soal etika. Sehingga terkait kehadiran beliau di acara PKB, itu merupakan wilayah DPP yang akan menilai, DPC hanya bertugas mengamankan dan menjalankan perintah DPP," tandasnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.