https://malang.times.co.id/
Berita

RSIA Mawar Layani Paket Pemeriksaan Pasca Covid-19 dan Vaksin

Kamis, 16 September 2021 - 17:04
RSIA Mawar Layani Paket Pemeriksaan Pasca Covid-19 dan Vaksin Layanan pemeriksaan pasca Covid-19 dan vaksin oleh RSIA Mawar. (Foto: RSIA Mawar/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Rumah Sakit Ibu dan Anak Mardi Waloeja Rampal (RSIA Mawar) Malang kini melayani paket pemeriksaan pasca Covid-19 dan vaksin.

Direktur Utama RSIA Mawar Malang dr Raymond Ferdinand Runtu SpPK menjelaskan paket ini meliputi pemeriksaan antibodi post vaksin, vitamin D dan D-Dimer.

"Cara cek antibodi lewat sampel darah. Waktu tunggunya 1-2 jam sudah selesai. Layanan ini sebenarnya sudah dibuka mulai beberapa waktu lalu," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (16/9/2021).

pemeriksaan pasca Covid 2

Ia mengatakan bahwa di era saat ini, kelompok masyarakat yang bekerja di ruang ber-AC, tanpa terkena sinar matahari langsung membutuhkan vitamin D lebih banyak.

Menurutnya, tujuan vaksinasi adalah merangsang tubuh untuk membentuk kekebalan. Vaksin Covid-19 ini kata dia berbeda dengan pemberian antibodi dari luar seperti Anti Tetanus Serum (ATS) yang bersifat pasif.

"Kalau vaksin yang sekarang ini sifatnya aktif. Ketika tubuh sudah dapat vaksin, tubuh akan terangsang membuat kekebalan," bebernya.

Ia lanjut menjelaskan, jika antibodi melebihi ambang batas normal, yang bersangkutan dikatakan cukup memiliki kekebalan.

"Gunanya untuk orang yang habis vaksin untuk melihat apakah kekebalannya cukup atau tidak. Kedua, bagi orang yang mau donor plasma konvalesen untuk tahu apa jumlahnya cukup," jelasnya.

RSIA Mawar dengan layanan pemeriksaan pasca Covid-19 dan vaksin ini membandrol harga Rp 975 ribu. Layanan ini bisa Anda dapatkan di RSIA Mawar yang berada di Jalan WR Supratman No 1 Kota Malang. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.