https://malang.times.co.id/
Berita

BNPB: Berita Kunjungan Ketua Satgas Covid-19 ke Israel Hoaks

Selasa, 18 Januari 2022 - 15:21
BNPB: Berita Kunjungan Ketua Satgas Covid-19 ke Israel Hoaks Kepala BNPB yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Suharyanto bersama Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa. (FOTO: Dok. BNPB)

TIMES MALANG, JAKARTA – Media asing The Jerusalem Post memberitakan kunjungan pejabat Indonesia ke Israel untuk membahas strategi penanganan covid-19. Informasi tersebut dibantah pihak Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyatakan berita tersebut tidak benar alias hoaks.

"Berita dan laporan yang telah menyebar ke beberapa media nasional maupun internasional itu secara fakta tidak benar (hoaks)," ujar Muhari dalam keterangan tertulis, Selasa (18/1/2022).

Muhari menjelaskan, baru-baru ini delegasi Indonesia dilaporkan telah berkunjung ke Israel. The Jerusalem Post menulis kabar tersebut pada  Senin (17/1/2022), yang mendapat informasi dari Army Radio, sebuah stasiun radio milik militer Israel.

Dalam laporan tersebut, lanjut Muhari, terdapat nama Kepala BNPB yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto, yang disebutkan bertemu dengan pejabat Israel.

Oleh karena itu, Muhari mewakili BNPB membantah kabar tersebut. Ia menegaskan bahwa Letjen TNI Suharyanto belum pernah melakukan perjalanan ke luar negeri, sejak dilantik sebagai Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 pada 17 November 2021. 

Kepala Pusdatinkom BNPB ini juga menegaskan bahwa Suharyanto tidak pernah memiliki rencana ke Israel untuk keperluan membahas penanganan covid-19.

"Mantan Pangdam V Brawijaya itu juga tidak pernah merencanakan akan pergi ke Israel untuk tujuan sebagaimana ditulis dalam berita tersebut," ujar Muhari dari BNPB. (*)

 

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.