Ekonomi

Begini Cara Petani Jambu Kristal di Bumiaji Dapatkan Keuntungan Saat Pandemi

Senin, 13 September 2021 - 18:54
Begini Cara Petani Jambu Kristal di Bumiaji Dapatkan Keuntungan Saat Pandemi Direktur P4S Bumiaji Sejahtera, Rahmad Hardiyanto ST menunjukkan produk Rujak Shake yang dibuatnya. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, BATUPetani Jambu Kristal di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur ini betul-betul memenangkan keadaan. Ketika banyak petani mengeluhkan kesulitan mendapatkan keuntungan di tengah pandemi Covid-19, mereka malah meraih keuntungan berlipat.

Apa resepnya ? Mereka tetap berinovasi dan membaca peluang pasar ditengah kelesuan yang dialami. Merosotnya penjualan Jambu Kristal khususnya yang Great C karena tidak adanya kunjungan wisata, disikapi dengan tenang.

Rahmad Hardiyanto b

Bukannya merusak atau memusnahkan buah jambu kristal yang setiap hari harus dipanen dan tidak laku, para petani yang tergabung dalam P4S Bumiaji Sejahtera berinovasi dan membaca peluang pasar.

"Jambu Great C ini konsumen terbesarnya adalah wisatawan, ketika wisata macet, Jambu Kristal kita pun macet. Kita petani rasional, anti membuang atau memusnahkan tanaman atau hasil panen kita, karena itu kita cari solusi," ujar Direktur P4S Bumiaji Sejahtera, Rahmad Hardiyanto ST.

Hingga akhirnya mereka menemukan produk baru, tidak lain merupakan olahan Jambu Kristal yang diberi nama Rujak Shake.

Jambu kristal Great C dikupas kemudian diberi racikan bumbu cabe. Hasilnya, terciptalah makanan kekinian. "Bukan hanya jambu kristal kita yang laku, kita juga membantu petani cabe dengan membeli cabe dengan harga yang rasional, meskipun harga cabe saat ini sedang turun," ujar laki-laki yang akrab dipanggil Hardy ini.

Rahmad Hardiyanto c

Makanan kekinian yang mereka buat ini disajikan dalam bentuk segar tanpa menggunakan bahan kimia. "Kalau Jambu Kristal kan tinggal mengupas dan disajikan segar, begitu juga dengan cabenya kita keringkan ditambah gula dan garam," ujarnya.

P4S Bumiaji Sejahtera membuat dua kemasan yakni kemasan large berbentuk box yang bisa dikonsumsi tiga hingga empat orang dan kemasan medium berbentuk gelas yang bisa dikonsumsi personal.

Sudah tujuh bulan ini Rujak Shake ini merambah pasaran, bukan hanya Malang Raya dan Surabaya Raya, tapi juga Kediri, Mojokerto, Jakarta, Banten dan Jogja.

Harganya pun sangat murah, untuk kemasan large seberat 450 hingga 470 gram harganya hanya Rp 15 ribu. Tak heran dalam sehari, jumlah box yang terpasarkan mencapai 60 hingga 100 box.

Cara ini ternyata tidak hanya membuat jambu kristal mereka laku, namun juga membuat keuntungan yang didapatkan menjadi berlipat.

Menjual jambu kristal dalam bentuk olahan membuat P4S Bumiaji Sejahtera bisa mendapatkan keuntungan petani berlipat dari penjualan Rujak Shake.(*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.