Ekonomi

Tren Positif Perekonomian 2021, OJK Catat Pertumbuhan Kredit Malang Mulai Meningkat

Sabtu, 17 April 2021 - 15:33
Tren Positif Perekonomian 2021, OJK Catat Pertumbuhan Kredit Malang Mulai Meningkat Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (FOTO: Rubianto for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANGOtoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan kredit di Malang mengalami peningkatan. Hal tersebut menunjukan geliat perekonomian berbagai sektor di tahun 2021 ini mengalami tren yang positif.

Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri mengatakan, pada Februari 2021 lalu angka kredit menunjukan pada kisaran 1,52 persen. Kemudian pada Maret 2021, ada pertumbuhan kredit sebesar 3 persen.

"Artinya dana yang tersimpan di bank saat ini sudah mulai berkurang. Pelaku usaha mulai mengambil kredit untuk belanja modal. Setelah material ada, baru melakukan produksi dan kemudian dijual. Hal ini menjadi nilai tambah bagi perekonomian kita," ujar Kasmuri, Sabtu (17/4/2021).

Kasmuri mencatat ada meningkatkan pertumbuhan kredit, khususnya di wilayah Malang. Apalagi, OJK juga sudah mengeluarkan kebijakan relaksasi kredit atas pemilikan rumah (KPR) tanpa muka atau down payment (DP).

"Sisi pertumbuhan kredit dari properti memberikan kontribusi yang positif ya, ada di kisaran 0,46 persen. Ini sudah menunjukan indikator bahwa masyarakat sudah mulai tertarik membeli properti," ungkapnya.

Meski naik, Kasmuri menilai, pertumbuhan kredit sebesar 3 persen di bulan Maret 2021 tersebut dinilai masih belum aman. Untuk bisa terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi, idealnya pertumbuhan kredit berada di angka 7 sampai 8 persen.

"Sebenarnya pertumbuhan kredit itu memang harus tinggi untuk menjaga ekonomi agar tetap stabil. Jadi harus lebih tinggi lagi dengan target kisara 7 sampai 8 persen," katanya.

Maka dari itu, kata Kasmuri, kunci untuk bisa segera memulihkan ekonomi yang saat ini sedang lesu akibat pandemi Covid-19, yakni dengan cara segera merampungkan program vaksinasi.

"Kondisi terkini game changer adalah vaksinasi. Jadi vaksinasi ini menjadi kunci kebangkitan ekonomi di 2021 ini. Vaksinasi berjalan, aktivitas ekonomi berjalan dan tingkat konsumsi masyarakat kembali pulih," ucapnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.