Ekonomi

Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Malang Kembangkan Aplikasi Job Fair Active

Rabu, 08 Desember 2021 - 17:00
Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Malang Kembangkan Aplikasi Job Fair Active Suasana sosialisasi Aplikasi Job Fair Active oleh Diskominfo Kota Malang beberapa waktu lalu. (FOTO: Humas Pemkot Malang/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Pemerintah Kota Malang (Pemkot Malang) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang kini tengah mengembangkan aplikasi terbaru, yakni Job Fair Active.

Aplikasi yang baru saja dikenalkan di bulan Desember 2021 ini, bertujuan untuk menekan angka pengangguran di Kota Malang yang dinilai masih meningkat di masa pandemi Covid-19 dan guna pemulihan ekonomi daerah.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengatakan, pandemi yang telah mempengaruhi banyak sendi kehidupan, termasuk meningkatnya pengangguran di Kota Malang. Aplikasi ini diharapkan bisa memberi peluang kerja yang lebih terbuka bagi masyarakat Kota Malang.

Aplikasi-Job-Fair-Active-2.jpgRancangan aplikasi Job Fair Active milik Pemkot Malang. (FOTO: Humas Pemkot Malang/TIMES Indonesia)

Dari data Badan Pusat Statisik Kota Malang, adanya kenaikan pengangguran di Kota Malang meningkat 0,4 persen di Agustus 2021 dibandingkan data di bulan yang sama tahun 2020 lalu.

"Mau tidak mau kita harus beradaptasi dan mengembangkan diri. Ini merupakan terobosan kreatif. Saya ingin sistem ini bukan hanya mencari kerja, tapi juga membuka wawasan usaha dan memberi motivasi bagi calon enterpreneur," ujar Sutiaji, Rabu (8/12/2021).

Di sisi lain, Kepala Diskominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos sebagai penggagas inovasi Job Fair Active tersebut menjelaskan bahwa sistem ini didesain tidak hanya sebagai ruang pertemuan antara pencari kerja dan dunia usaha. Akan tetapi, aplikasi tersebut pun juga menjadi data center ketenagakerjaan dan membagikan berbagai tips ketenagakerjaan yang dibangun dengan menggandeng ahli dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.

Aplikasi-Job-Fair-Active-3.jpg

"Nantinya perusahaan dapat mencari calon tenaga kerja tanpa mengumumkan lowongan pekerjaan dan tanpa iklan. Lalu untuk pencari kerja dapat mencari pekerjaan secara nonstop lewat Job Fair Active," jelasnya.

Adapun beberapa desain unggulan yang ada di aplikasi Job Fair Active tersebut, di antaranya ada asesmen soft skill untuk mengukur kompetensi pencari kerja, sistem yang bekerja selama 24 jam nonstop hingga sistem efisiensi pelamar yang tak perlu mengirimkan lamaran satu per satu dan akan bekerja secara otomatis untuk mencari kandidat yang sesuai lowongan.

"Ini berbagai keunggulan dari aplikasi untuk mempermudah para pencari kerja agar bisa leluasa dalam melakukan pencarian," katanya.

Aplikasi-Job-Fair-Active-4.jpg

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan Informatika Diskominfo Kota Malang Laode Kulaita B Al Fitra, SP., MM membeberkan bahwa sejumlah manfaat dapat diperoleh melalui akses aplikasi Job Fair Active tersebut.

Seperti aktivitas yang telah tertuang dalam aplikasi, tinggal nantinya para pencari kerja membuat akun dengan mengisi data pribadi. Selanjutnya mengisi asesmen pertanyaan yang bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kompetensi hingga hasil asessmen dapat memperlihatkan pekerjaan mana yang cocok buat pelamar.

"Kita bisa melihat langsung hasil dari asessmen itu. Misal kita cocoknya jadi marketing, oh ternyata jadi admin. Nah itu langsung terhubung dengan perusahaan yang membutuhkan. Tinggal langsung prosesnya nanti menjadi satu di aplikasi. Step by step nya sudah ada," terangnya.

Pemerintah-Malang.jpg

Begitu juga bagi perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja dapat meluhat langsung portofolio para pemalamar melalui aplikasi Job Fair Active. Perusahaan dapat melihat para calon yang telah diasessmen sesuai penilaian HRD.

Proses pengisian asessmen yang mencakup 25 aspek penilaian soft skill, di antaranya nilai intelektual, motivasi, leadership, problem solving, supervisi dan lainnya.

"Jadi perusahaan juga gak bingung mau cari tenaga kerja. Tinggal klik aplikasi saja. Nanti pilih calon tenaga kerja yang sesuai berdasarkan asessmen," katanya.

Fitur secara lengkap telah tertuang di aplikasi Job Fair Active, seperti soft skill statistik, asessmen, resume, konsultasi sumber daya manusia, tips kerja dan seputar dunia kerja, notifikasi, pesan dan profil.

Dengan ini, Laode berharap dapat menekan laju angka pengangguran di Kota Malang hingga mewujudkan Kota Malang yang bermartabat sebagai visi yang mendorong pencapaian kota produktif dan berdaya saing berbasis ekonomi kreatif.

"Sesuai arahan, dari Malang untuk dunia. Diharapkan aplikasi Job Fair Active ini semakin banyak perusahaan yang memanfaatkannya. Tak hanya nasional, tapi juga international. Tinggal nanti akan gencar kami sosialisasikan," pungkasnya.

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.