Ekonomi

Pelaku UMKM Situbondo Pasarkan Produk Kopi Unggulan di Malang City Expo 2021

Jumat, 09 April 2021 - 19:54
Pelaku UMKM Situbondo Pasarkan Produk Kopi Unggulan di Malang City Expo 2021 Pelaku UMKM kopi premium asal Situbondo menjual produk unggulannya di Malang City Expo 2021 yang berada di Malang City Point, Dieng, Kota Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANGPelaku UMKM sektor kopi premium asal Situbondo, Jawa Timur memasarkan produk kopi premium unggulannya di event Malang City Expo 2021 di Hall Malang City Point (MCP) Dieng, Kota Malang.

Acara itu dihelat oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang mulai Kamis (8/4/2021) hingga Minggu (11/4/2021). Kegiatan ini mendukung geliat UMKM agar bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Petani Kopi Kayu Mas Situbondo, Didik Suryadi, berani tandang ke Kota Malang membawa produk kopi unggulannya demi mempromosikan Cup of Java.

Standnya yang berukuran mini tersebut menjual jenis kopi mulai dari Lanang, Arabika, Robusta dan Luwak. Semuanya merupakan kopi unggulan yang pernah meraih juara nasional hingga dunia.

UMKM kopi premium asal Situbondo a

"Ini produk kopi unggulan semua dibawa. Dan semua juara 1 nasional. Kopi Arabika Robusta dan lowak. Yang jenis Luwak juara dunia," ujarnya.

Didik bangga bisa membawa produk lokal hingga Go International. Dengan kopi, ia bersama petani kopi lainnya bisa membawa nama baik Indonesia di kancah dunia.

Semua kopi yang diproduksi tersebut dikelola oleh Kelompok Tani Sejahtera Kayu Mas Situbondo. Daerah itu dikenal dengan wilayah yang produktif untuk pertanian kopi.

Uniknya, pria berjenggot putih itu tidak hanya menjual kopi. Dirinya ingin bisnis kopi ini memberikan edukasi kepada masyarakat tentang dunia perkopian.

Bahkan, dia mengaku siap jika ada kelompok masyarakat yang ingin belajar kepadanya tentang kopi. Menurutnya, kopi tidak hanya sebatas menyeruput hidangan minuman biasa.

Agus Muttaqien c

Melainkan harus mengetahui filosofi kopi, jenis kopi, cara dan proses dari awal hingga cara menyeduh yang baik dan benar. Ia ingin juga mengenalkan bahwa Indonesia adalah produksi kopi yang dipertimbangkan dunia.

"Kopi tertua di Indonesia yang masih bertahan dan produktif yakni wilayah gunung Ijen. Salah satu di wilayahnya Kayumas, Arjasa," jelas pria yang memiliki empat kedai kopi itu.

Bagi Anda yang ingin menikmati kopi premium pelaku UMKM asal Situbondo ini, bisa langsung menghubungi pemiliknya di nomor WhatsApp 081358901994. Dia juga punya promo bagi pengunjung Malang City Expo 2021 di Kota Malang, yakni minum kopi dengan bayar seikhlasnya. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.