Ekonomi

BI Gelar Jakarta Kreatif Festival untuk Percepat PEN serta Dorong Geliat UMKM dan Pariwisata

Selasa, 31 Agustus 2021 - 16:17
BI Gelar Jakarta Kreatif Festival untuk Percepat PEN serta Dorong Geliat UMKM dan Pariwisata Kegiatan Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) 2021 diselenggarakan secara virtual oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta pada 30-31 Agustus 2021. (Foto-foto: Bank Indonesia for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, JAKARTA – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta menggelar Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) 2021 untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual pada 30-31 Agustus 2021 ini sekaligus untuk mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI).

“Bank Indonesia akan terus mendukung program pemulihan ekonomi melalui bauran kebijakan yang memperkuat sinergi dengan pemerintah dan otoritas lainnya,” ujar Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi dalam acara opening ceremony yang dilakukan secara virtual, Senin (30/8/2021).

Menurut Rosmaya, pada triwulan II 2021, ekonomi nasional tumbuh postif untuk pertama kalinya sejak Pandemi merebak.

Digelarnya JaKreatiFest 2021 ini juga sebagai flagship yang merangkum kegiatan Karya Kreatif Indonesia, Festival Kopi Nusantara, Festival Ekonomi Digital, Fesyar, dan Indonesia Shariah Economy Festival. Sejak Maret 2021, BI telah melaksanakan kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang melibatkan 421 pelaku ekonomi kreatif.

“Kami juga telah menyusun Strategi Nasional Pengembangan UMKM serta penguatan sektor pariwisata. Kami menyingkap potensi-potensi pariwisata melalui desa wisata dan mengoptimalkan potensi ekonomi syariah,” terang Rosmaya.

Tak heran jika kegiatan ini mendapat apresiasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Penyelenggaraan JaKreatiFest dan Jakpreneur ini juga adalah bentuk sinergi yang sangat baik,” ungkap Anies yang berharap agenda JaKreatiFest memberikan dampak nyata terhadap ekonomi DKI Jakarta.

JaKreatiFest 2

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut agenda JaKreatiFest adalah bentuk dorongan terhadap ekonomi kreatif yang mengalami kelesuan selama pandemi Covid-19.

“Selama Pandemi pertumbuhan di sektor ekonomi kreatif dan dunia pariwisata mengalami perlambatan. Namun, tantangan ini harus dijadikan sebagai peluang untuk memperbaiki sektor parekraf dengan menghadirkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan sebagaimana tujuan JaKreatiFest 2021,” kata Sandiaga.

Sandaiaga meyakini, DKI Jakarta sebagai pusat perekonomian Indonesia telah memiliki basis SDM, infrastruktur, dan ekosistem yang kuat untuk mengembangkan parekraf ke arah yang lebih baik.

“Terlebih, kegiatan ini mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan dunia digital dari proses hulu hingga hilir,” tandasnya.

Sedangkan Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki menekankan agar kegiatan ini menjadi pemicu untuk UMKM bertransformasi ke arah digitalisasi.

“Aspek transformasi digital UMKM tidak terbatas menghadirkan platform digital. Namun, juga memastikan masyarakat paham literasi digital untuk meningkatkan kualitas, kapasitas, dan dukungan terhadap akses pasar. Kegiatan ini adalah komitmen kita bersama untuk membangun UMKM sebagai pahlawan ekonomi nasional,” tegas Teten.

Kepala KPw BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko berharap melalui JaKreatiFest 2021 dapat mendukung kemajuan perekonomian masyarakat, khususnya UMKM.

“JaKreatiFest 2021 sendiri mengagendakan dua kegiatan besar yakni pre-event yang meliputi pelatihan sertifikasi halal, coaching clinic, hingga optimalisasi penjualan digital melalui marketplace,” kata Onny.

Sedangkan main-event, ujar Onny, menghadirkan praktisi andal di sektor pariwisata, ekonomi kreatif, ekonomi syariah, industri kopi, film nasional, dan ekonomi kreatif lainnya sehingga dapat memotivasi dan mengoptimalkan kinerja pelaku UMKM.

“Upaya riil lain adalah program pengembangan kluster ekonomi, pengembangan kemandirian pesantren, pengembangan pariwisata di Kota Tua dan pariwisata Kepulauan Seribu, bisnis matching antara UMKM dan lembaga pembiayaan, pengembangan halal value chain, dan bisnis matching ekspor,” papar Onny.

Lewat Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) ini, Onny menambahkan, KPw Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta berharap perekonomian nasional bisa kembali bergeliat dan UMKM semakin melek digital. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.