Ekonomi

Enam Desa di Kecamatan Junrejo, Kota Batu Jadi Desa Mandiri

Selasa, 20 April 2021 - 16:54
Enam Desa di Kecamatan Junrejo, Kota Batu Jadi Desa Mandiri Suasana penandatangan berita acara IDM di Pendopo Kecamatan Junrejo (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, BATU – Membanggakan dalam waktu setahun, empat desa di Kecamatan Junrejo tahun ini masuk klasifikasi Desa Mandiri dalam Indeks Desa Membangun (IDM).

Empat desa yang tahun ini mandiri adalah Desa Pendem, Desa Torongrejo, Desa Beji dan Desa Tlekung. Sementara dua desa lain yang tahun 2020 masuk klasifikasi Desa Mandiri adalah Desa Junrejo dan Desa Mojorejo.

Artinya lengkap sudah seluruh desa di wilayah Kecamatan Junrejo masuk dalam klasifikasi Desa Mandiri. Hal ini ditandai dengan penandatanganan berita acara Indeks Desa Membangun (IDM) yang dilaksanakan Pendopo Kecamatan Junrejo, hari ini (20/4/2021).

"Tahun 2020 baru dua desa masuk klasifikasi mandiri, waktu saya masuk ke sini (menjadi Camat-red), kita bersinergi dengan pendamping desa dan perangkat desa untuk menyajikan data yang dibutuhkan, Alhamdulillah kini seluruh desa di Kecamatan Junrejo menjadi Desa Mandiri per 16 April 2021," ujar Camat Junrejo, Dian Saraswati SE MM.

Menjadi desa mandiri banyak hal yang bisa didapatkan desa, menurut Dian salah satunya kecepatan penyerapan anggaran dan intervensi kebijakan pemerintah pusat lebih mudah. Termasuk didalamnya menggali potensi desa bisa dilakukan lebih mendalam.

Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu pertama Indeks Ketahanan Sosial meliputi Pendidikan, Kesehatan, Modal Sosial dan Permukiman.

Kedua, Indeks Ketahanan Ekonomi meliputi keragaman produksi masyarakat, akses pusat perdagangan dan pasar, akses logistik, akses perbankan dan kredit dan keterbukaan wilayah.

Ketiga Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan meliputi kualitas lingkungan, bencana alam dan tanggap bencana.

Dengan kriteria Indeks Desa Membangun (IDM) tersebut, ada enam desa di Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang sudah bisa masuk klasifikasi Desa Mandiri.  (*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.