Ekonomi

BI Jatim Siapkan Rp 28,3 Triliun Uang Baru Sambut Lebaran

Senin, 19 April 2021 - 22:02
BI Jatim Siapkan Rp 28,3 Triliun Uang Baru Sambut Lebaran Tradisi penukaran uang baru saat Lebaran. (Foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, SURABAYA – Bank Indonesia (BI) Jawa Timur meyakini minat masyarakat untuk menukarkan uang baru saat lebaran masih cukup tinggi. Oleh sebab itu BI Jatim mempersiapkan uang baru guna memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Meskipun ada larangan mudik lebaran, namun Bank Indonesia tetap memberi kemudahan dalam penukaran uang baru tersebut. 

Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim, Imam Subarkah mengatakan, BI Jatim telah mempersiapkan kebutuhan uang baru untuk Ramadan dan Lebaran 2021.

Khusus untuk Surabaya, jelasnya, total disiapkan sebesar Rp 11,8 triliun atau sama seperti tahun lalu. Sementara untuk kebutuhan di Wilayah Jawa Timur tahun ini diproyeksikan sebesar Rp 28,3 triliun.

"BI sendiri memberikan kebijakan, agar tidak melakukan penukaran uang secara langsung di masyarakat," tutur Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim, Imam Subarkah, Senin (19/4/2021). 

Imam mengatakan, lokasi penukaran sama seperti Lebaran tahun lalu, yakni di beberapa lokasi bank terdekat, serta tidak menggelar penukaran secara langsung, karena masih masa pandemi Covid-19.

"Masyarakat bisa tukar uang baru di kantor bank-bank yang sudah ditunjuk BI, termasuk pecahan uang baru Rp75 ribu masyarakat bisa menukarkannya. Kebetulan uang pecahan Rp 75 ribu kan sudah bisa buat transaksi, atau bisa dijadikan koleksi," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim, Imam Subarkah. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.