https://malang.times.co.id/
Gaya Hidup

7 Buah Tinggi Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh Lawan Covid-19

Minggu, 04 Juli 2021 - 00:09
7 Buah Tinggi Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh Lawan Covid-19 Salah satu buah yang mempunyai vitamin C yang cukup untuk membentengi tubuh dari Covid-19 (Foto: Pinterest)

TIMES MALANG, SURABAYA – Menjaga daya tahan tubuh atau imunitas termasuk salah satu kunci mencegah terinfeksi virus corona / Covid-19. Sejumlah vitamin bisa bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Kita bisa mendapatkan vitamin peningkat imun tubuh dari konsumsi makanan tertentu.

Bukan hanya membentengi tubuh dari luar dengan memakai masker saja, tetapi juga dari dalam. Berkaitan dengan hal tersebut, anda bisa menunjang sistem imunitas tubuh dengan mengonsumsi vitamin C.

Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran segar, dengan kadar yang berbeda-beda. Beberapa jenis buah memiliki kadar vitamin C yang tinggi.

ini adalah beberapa buah yang mengandung vitamin C tinggi pada orang dewasa, jumlah asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 75-90 mg per hari. Untuk bisa mencukupinya, Anda perlu mengonsumsi beragam makanan sumber vitamin C, khususnya buah-buahan dengan kadar vitamin C yang tinggi, yaitu.

1. Jeruk

Jeruk sebagai buah yang dikenal mampu melawan penyakit, kandungan gizi jeruk memang tidak main-main. Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 82,7 miligram. Jumlah ini dapat mencukupi 91% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Jeruk juga mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin B1, B9 (folat), dan kalium. Dengan mengonsumsi jeruk, tubuh Anda pun bisa memperoleh antioksidan berupa fenol dan likopen.

2. Jambu biji

JambuFoto: Pinterest

Setiap 100 gram jambu biji terdapat 183 mg Vitamin C sedangkan jeruk hanya mengandung sekitar 50 mg Vitamin C.

Kandungan Vitamin C pada kulit buah jambu biji lebih tinggi bila dibandingkan dengan daging buahnya, maka dari itu saat anda memakan buah ini sebaiknya makan dengan kulitnya.

Vitamin C ini memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Hasil studi ilmiah menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C mengurangi dampak radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan kangker dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap agen infeksi.

3. Stroberi

Setengah gelas (125 gram) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tapi hal ini sama sekali tidak mengurangi manfaat stroberi bagi kesehatan.

Selain mengandung vitamin C, stroberi juga termasuk buah yang kaya antioksidan.

4. Pepaya

PepayaFoto: Pinterest

Setengah buah pepaya yang rata-rata mengandung sekitar 90 - 100 mg vitamin C. Uniknya, vitamin C pada pepaya dipercaya dapat meningkatkan kemampuan mengingat Anda.

Hal ini diduga karena papaya mengandung antioksidan dan antiradang yang dapat membantu mencegah kerusakan otak.

5. Mangga

1 buah mangga atau segelas jus mangga, dan segelas jus Tahitian noni mengandung sekitar 120 miligram vitamin C.

Buah dengan rasa manis atau asam ini juga mengandung vitamin A yang sudah terbukti secara ilmiah ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata.

6. Nanas

1 buah nanas mengandung sekitar 80 miligram vitamin C. Bahkan, nanas juga diperkaya dengan serat, folat, kalium, dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan jantung.

Nanas juga dapat digunakan untuk menghilangkan gatal di tenggorokan seperti gejala radang tenggorokan.

Bukan hanya buah, cabe merah memiliki Vitamin C yang tinggi yang sangat cukup untuk meningkatkan imun tubuh dan menjaga daya tahan tubuh lebih baik.

7. Cabe merah

Dilansir dari Health.com, setengah cangkir cabai merah cincang mengandung 107,8 miligram vitamin C. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan satu jeruk ukuran sedang yang hanya mengandung 69,7 miligram vitamin C.

Vitamin C tergolong antioksidan kuat yang dapat menetralkan senyawa tidak stabil atau radikal bebas di tubuh. Vitamin ini mencegah atau mengembalikan kerusakan sel yang disebabkan oleh senyawa ini. Vitamin ini dibutuhkan dalam proses biokimia yang di antaranya terkait dengan kesehatan dan kekebalan tubuh atau imunitas. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.