Gaya Hidup

Menyemangati Diri Sendiri ala Dosen Psikologi UIN Maliki Malang

Minggu, 25 Juli 2021 - 12:36
Menyemangati Diri Sendiri ala Dosen Psikologi UIN Maliki Malang Fuji Astutik.,M.Psi., Psikolog, Dosen Psikologi UIN Maliki Malang. (FOTO: Fuji Astutik For TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANGMenyemangati diri sendiri adalah bentuk afirmasi positif kita dengan diri sendiri. Adakalanya kita merasa lelah dan ingin menyerah atau ingin menambah motivasi dalam diri. Hal itu bisa dilakukan dengan self talk yaitu berbicara pada diri sendiri terkait dengan gagasan pikiran.

"Menyemangati diri sendiri ini penting, karena apa yang kita ucapkan bisa menjadi sugesti bagi diri sendiri," ujar Fuji Astutik.,M.Psi., Psikolog, Dosen Psikologi UIN Maliki Malang kepada TIMES Indonesia, Minggu (25/7/2021).

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Fuji Astutik membagikan lima cara menyemangati diri sendiri, berikut caranya.

1. Tentukan Target

Tentukan target apa yang ingin dicapai dalam hidup Anda, entah itu target jangka pendek, menengah atau panjang. Misalnya target Anda adalah sembuh dalam kurun waktu tertentu, maka buatlah catatan untuk kesembuhan itu.

2. Menyadari Proses

Anda harus menyadari proses yang ingin dicapai dalam target. Dengan menyadari proses, Anda akan bisa menghadapi beberapa hal yang akan menjadi rintangannya. Maka dengan menyadari rintangan itu, Anda akan selalu siap untuk terus berjuang dan semangat.

3. Membuat Catatan Kecil

Anda bisa membuat catatan-catatan kecil entah di wallpaper HP atau laptop terkait dengan mimpi dan tujuan hidup Anda. Dengan begitu, setiap kali Anda membuka laptop atau HP, Anda akan melihat catatan itu sehingga dapat memacu semangat Anda lebih kuat.

4. Cari Teman Sepemikiran

Carilah teman yang sepemikiran karena Anda bisa berdiskusi dengannya. Selain itu, Anda bisa membaca dan mendengarkan tayangan dengannya yang bisa membuat diri Anda bersemangat karena kisah inspiratif atau sejenisnya.

5. Lakukan Evaluasi

Lakukan evaluasi diri sebelum tidur (muhasabah) berikan apresiasi pada diri sendiri tentang pencapaian yang sudah dicapai hari ini. Keesokan harinya di pagi hari saat bangun tidur atau akan memulai hari bercerminlah dan katakan pada diri sendiri, bahwa hari ini semua urusan akan berjalan dengan lancar dan Anda akan mampu melewati hari dengan bahagia.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Itulah lima cara Menyemangati diri sendiri ala Dosen Psikologi UIN Maliki Malang. (*)

Pewarta : Nadira Rahmasari (MG-286)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.