Gaya Hidup

Ramadan Cantik, Tips Atasi Bibir Kering saat Puasa

Kamis, 22 April 2021 - 15:01
Ramadan Cantik, Tips Atasi Bibir Kering saat Puasa Ilustrasi - Tips mengatasi bibir saat Puasa (FOTO: Freepik/tirachardz)

TIMES MALANG, JAKARTABibir kering bisanya terjadi saat kita menjalankan puasa Ramadan. Sebenarnya hal itu wajar, karena kita tidak mengonsumsi makanan dan minuman sejak subuh hingga magrib tiba. 

Bibir yang kerin akan terasa tak nyaman. Jika dibiarkan terus menerus akan mengelupas dengan sendirinya. Ingat ya, biarkan mengekupas dengan sendirinya, jangan di kelupas dengan tangan. 

Pengelupasan paksa akan mengakibatkan luka dan berdarah pada bibir Anda. Selain itu juga rentan terjadi iritasi pada bibir. 

Nah agar tetap cantik saat menjalankan ibadah puasa, berikut tips mengatasi bibir kering 

1. Menggunakan lip balm

Anda dapat menggunakan lip balm tanpa menthol. Pilihlah lip balm dengan rasa buah. Selain lip balm, dapat juga menggunakan minyak kelapa murni atau minyak zaitun. Oleskan setiap terasa kering. 

2. Rajin membersihkan bibir

Bibir merupakan bagian dari wajah, sayangnya jarang sekali bibir mendapatkan perhatian khusus untuk dibersihkan. Jangan malas untuk membersihkan bibir meski Anda tidak menggunakan lipstik. Selain dibersihkan dengan air, Anda dapat membersihkan bibir dengan susu pembersih yang dilanjutkan dengan toner. 

3. Scrub bibir

Scrub bibir juga diperlukan agar kulit bibir tetap sehat. Untuk scrub bibir Anda dapat menggunakan campuran gula. Scrub bibir dapat dilakukan dua kali dalam sepekan. Lakukan apda malam hari setelah berbuka aatau sebelum tidur ya.

4. Masker bibir

Setelah discrub, bibir juga perlu pakai masker. Anda dapat menggunakan madu murni atau buah lami seperti stroberi, jeruk atau kiwi. Oleskan masker, dan diamkan selama 30-60 menit. Dan bersihkan menggunakan air hangat. 

5. Air putih

Cukupi kebutuhan air putih Anda agar tubuh tetap terhidrasi. Konsumsi air putih ketika puasa dapat dilakukan dengan meminum 3 gelas air putih ketika sahur, 3 gelas air putih ketika buka dan 2 gelas air putih sebelum tidur. 

6. Konsumsi buah dan sayur

Perhatikan asupan buah dan sayur selama puasa ya. Buah dan sayur berkontribusi besar terhadap kesehatan sekaligus kelembapan kulit, termasuk bibir. 

Yuk hempaskan Bibir kering dengan tips tersebut. Ramadan tetap sehat dan cantik. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.