https://malang.times.co.id/
Kopi TIMES

Asah, Asih, Asuh dalam Merdeka Belajar

Rabu, 12 April 2023 - 16:33
Asah, Asih, Asuh dalam Merdeka Belajar Ud'Hiyata Zahbi, mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

TIMES MALANG, MALANG – Merdeka belajar sudah tak asing lagi di telinga kita. Kurikulum yang diusung oleh menteri pendidikan, Nadiem Makarim ini mengharapkan bahwa guru dan siswa dapat merdeka dalam berpikir sehingga hal ini dapat diimplementasikan dalam inovasi guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, tidak hanya itu siswa juga dimudahkan dalam merdeka belajar karena siswa dimudahkan dalam berinovasi dan kreativitas dalam belajar.

Perubahan kurikulum ini tentunya membutuhkan dukungan dari semua pihak civitas akademika di Indonesia. Mulai dari guru, siswa, tenaga pendidikan, bahkan dari orang tua. Namun, sudahkah masing-masing kompenen ini memahami perannya untuk mewujudkan merdeka belajar di Indonesia?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Susetyo, 2020 menunjukkan banyak instansi yang belum siap menjalankan kebijakan merdeka belajar. Hal tersebut berdasar pada realitas yang dihadapi, yaitu perubahan mindset (pola pikir) yang masih butuh waktu. Serta penyiapan seluruh program pembangunan sumber daya manusia yaitu penyiapan tenaga pendidik sebagai ujung tombak, memerlukan waktu yang tidak sebentar. Padahal dalam praktiknya, seorang guru diharapkan menjadi penggerak untuk mengambil tindakan yang muaranya memberikan hal yang terbaik untuk peserta didik.

Menelisik pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan, seorang guru diharapkan mampu mengembangkan metode yang sesuai dengan sistem pengajaran dan pendidikan, yaitu metode among. Metode ini didasarkan pada pola asah, asih, asuh. Hal ini sesuai dengan teori belajar humanisme dimana sebuah proses pembelajaran memanusiakan manusia dengan peran masing-masing guru dan anak dalam membangun pengetahuan. 

Asah berarti mendidik. Sehingga dalam pembelajaran tidak hanya penyampaian materi namun juga membentuk anak menjadi berkarakter. Kebutuhan stimulasi melalui aktivitas bermain bisa menjadi cara membentuk karakter anak. Hal ini juga berguna untuk memberikan selingan kepada peserta didik yang jenuh saat proses belajar. Contohnya, dengan menggunakan media pembelajaran berbasis game bisa menjadi solusi tawaran untuk guru dalam membentuk aktivitas bermain saat pembelajaran.

Asih berarti mencintai. Hal itu diberikan untuk memenuhi kebutuhan dasar yang terkait dengan kebutuhan emosional. Menjadi seorang guru  harus memunculkan  rasa menyayangi antara guru dan peserta didik. Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabtan, ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan. Untuk praktiknya, pada praktik perencanaan pembelajaran merdeka belajar, guru bisa memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berhasil mencapai tujuan pembelajaran.

Terakhir, asuh yang berarti membina. Di sini guru berfungsi sebagai suri tauladan untuk memberikan pembinaan terhadap peserta didik. Sebagai penggerak utama dalam tercapainya merdeka belajar, seorang guru harus menyadari posisinya sebagai figur dalam membentuk karakter siswa. 
Merdeka belajar tak akan terwujud jika komponen di dalamnya enggan untuk beradaptasi dan belajar untuk mewujudkan merdeka belajar di Indonesia sesuai dengan tujuaannya. Berawal dari memahami peran diri dalam rekontruksi pendidikan, utamanya oleh seorang guru sebagai penggerak utama dalam terwujudnya merdeka belajar.

Pola pendidikan yang dikemukaan oleh Ki Hajar Dewantara sejak lama, sudah berdasarkan dengan asas kemerdekaan yang memiliki arti bahwa manusia diberi kebebasan dari Tuhan Yang Maha Esa untuk mengatur kehidupannya dengan tetap sejalan dengan aturan yang ada di masyarakat. Sehingga dalam perannya membangun merdeka belajar di Indonesia, guru diharapkan memiliki keterampilan dalam mengajar, memiliki keunggulan dalam berelasi dengan peserta didik maupun dengan anggota komunitas yang ada di sekolah, dan guru juga harus mampu berkomunikasi dengan orang tua murid dan memiliki sikap profesionalitas dalam menjalankan tugasnya.

***

*) Oleh: Ud'Hiyata Zahbi, mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

 

_____
**)
Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

Pewarta :
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.