Kopi TIMES

Pancasila Tameng Persatuan dan Ideologi Bangsa

Jumat, 01 Oktober 2021 - 15:43
Pancasila Tameng Persatuan dan Ideologi Bangsa Mozza Indira Sylvani, Mahasiswa  Universitas Brawijaya, Duta Pancasila 2021

TIMES MALANG, MALANGPANCASILA adalah suatu hal yang sakti, meskipun kata sakti dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti mampu (kuasa) berbuat sesuatu yang melampaui kodrat alam, mempunyai kuasa gaib, bertuah, atau keramat.

Tapi apakah Pancasila memungkinkan seseorang untuk berbuat melampaui kodrat alam, seperti misalnya berjalan di atas air? Apakah Pancasila berhubungan dengan hal-hal yang bersifat gaib? Ataukah Pancasila layak untuk dikeramatkan?

Saya tidak dalam kapasitas untuk membahas tentang “kesaktian” Pancasila. Ini sudah berada di luar logika manusia mungkin, lalu apa itu pancasila yang sakti menurut saya? Pancasila adalah ideologi yang sangat terbuka, mengandung cita-cita dan nilai-nilai dasar yang bersifat tetap dan tidak berubah.

Eksplisitasi Pancasila dilakukan dengan menghadapkannya dengan berbagai masalah baru melalui proses refleksi yang rasional, dan tidak bertentangan dengan akal sehat. Pancasila sakti hadir sebagai bentuk recovery kita dari kabar duka tumbangnya 7 jendral di lubang buaya.

Pancasila sakti menjadikan negara ini bisa berdiri sampai sekarang, sebagai fondasi yang tidak akan runtuh meskipun diserang oleh senjata tercanggih manapun, karena tameng kita adalah persatuan dan ideologi yang kuat.

Bangsa ini perlu percaya bahwa berdirinya negara ini karena saktinya ideologi Pancasila yang dibentuk oleh para pemimpin negara ini, mereka yang sudah berkorban darah dan nanah Demi " Indonesia" Pancasila sudah Final, NKRI Harga Mati. (*)

* Oleh Mozza Indira Sylvani, Mahasiswa  Universitas Brawijaya, Duta Pancasila 2021, Relawan input data vaksinasi bersama Polres Malang, Relawan BNPB sebagai Duta Perubahan Perilaku dan Gerakan Mobile Masker BNPB

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

 

____________
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.

Pewarta :
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.