Kopi TIMES

Ngopi Pagi: Perbedaan

Minggu, 28 Maret 2021 - 07:07
Ngopi Pagi: Perbedaan Ketua PW LP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma, Noor Shodiq Askandar

TIMES MALANG, MALANGMANUSIA diciptakan berbeda beda oleh Allah swt sahabat ngopi pagi. Ada yang berkulit putih, ada yang berkulit cokelat, dan ada juga yang berkulit hitam. Begitu juga kebiasaan dan adat budaya yang berkembang juga warna warni. Bahasa dan gaya berbahasapun juga tidak sama satu dan lainnya. Sama sama berbahasa Indonesia saja, logatnya bisa jadi tidak sama.

Allah swt tentu menciptakan hal yang berwarna tentu bukan tanpa sebab. Pasti ada rahasia yang manusia belum tentu memahaminya. Perbedaan itu rahmad dan bukanlah sebuah bencana. Dengan perbedaan itu justru sebagai sarana untuk berfikir dan sekaligus mensyukuri segala nikmat yang telah diterima dari Allah swt, agar manusia mau berfikir, dan mau menggunakan aqal fikirannya agar kedepan menjadi lebih baik.

Perbedaan itu juga bukanlah kesalahan manusia, karena sejatinya dengan perbedaan itu memunculkan keindahan. Warna warni kehidupan itu ada, karena berbagai pilihan dalam menjalani kehidupan yang berbeda dari masing masing orang. Coba saja jika semua mempunyai pilihan yang sama, kehidupan ini akan terasa monoton dan membosankan. Masakan saja ada bermacam macam rasa. Mulai dari soto, rawon, lodeh, sate, dan lain sebagainya. Bahkan hal terkecil dari salah satu menu makanan, bisa menjadi beraneka ragam sebutan. Nasi goreng saja ragamnya banyak. Ada nasi goreng arab, nasi goreng jawa, nasi goreng kambing, nasi goreng seafood, nasi goreng merah, dan masih banyak lagi varian rasa yang dibuat oleh ummat manusia.

Terkait dengan jenis mahluq, Allah swt juga telah menetapkan mereka berpasang pasangan. Ada laki laki, ada juga perempuan. Ada hewan, ada juga tanaman. Ada bumi, ada juga langit. Semua itu ada untuk saling melengkapi dan membuat hidup ini lebih bisa dinikmati. Bayangkan jika hanya ummat manusia yang ada di muka bumi ini, bagaimana ummat manusia memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, Allah swt menegaskan bahwa diciptakannya bumi, laut dan segala isinya sebesar besarnya untuk kemakmuran ummat manusia.

Akhir kata, karena perbedaan itu rahmat, maka jangan memaknai dan jadikan perbedaan itu sebagai sebuah bencana  dan adzab dalam kehidupan. Dengan perbedaan, justru banyak manfaat yang bisa dirasakan karena akan saling melengkapi satu sama lainnya. Tetaplah jadi orang yang terus bersyukur, atas berbagai hal yang ditetapkan oleh Allah swt sebagai keputusan terbaik. Bagaimana dengan sahabat ngopi pagi semua ??

*) Penulis Noor Shodiq Askandar adalah Ketua PW LP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

_______
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

Pewarta :
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.