Berita

Kisah Sahabat Nabi Gemar Baca Al Quran Saat Bulan Ramadan

Kamis, 23 Maret 2023 - 17:52
Kisah Sahabat Nabi Gemar Baca Al Quran Saat Bulan Ramadan Ilustrasi Membaca Alquran saat Ramadan 2023

TIMES MALANG, JAKARTA – Kisah Sahabat Nabi yang gemar membaca alquran pada bulan Ramadan nampaknya penting untuk menjadi perhatian utama bagi kamu muslimin. Apalagi saat bulan puasa Ramadan 2023 tiba, maka perlunya membaca alquran akan sangat memberikan manfaat tersendiri, khususnya pada pola peningkatan kualitas diri sebagai hamba Allah.

Satu aspek penting yang perlu mendapatkan perhatian adalah bahwa kisah semua sahabat nabi yang hendak menjalankan ibadah puasa pada akhirnya memang focus untuk meningkat ibadah dan mengesampingkan kepentingan duniawi. Bahkan focus dalam beribadah semakin besar, salah satunya pada aspek konsistensi membaca alquran.

Semua Kisah Sahabat Nabi terkait konsistensinya dalam membaca alquran menjadi perbandingan terbaik bagi semua umat islam untuk bisa mendapatkan gambaran utama. Apalagi dengan semua nikmat dan karunia saat menjelang Ramadan yang dibuka luas oleh allah memang sepatutnya wajib untuk dimaksimalkan.

Semua kisah ini tentu juga berasal dan bersumber dari beberapa data baik hadist atau beberapa riwayat lainnya. Sehingga sumber tersebut bisa menjadi bagian penting yang memberikan asumsi terbaik kepada umat islam bahwa semua kisah tersebut bisa dipertanggung jawabkan serta sangat layak diikuti.

Kisah Sahabat Nabi Terkait Amalan Membaca Alquran Pada Bulan Puasa

Ada beberapa sahabat nabi yang memang terus menerus menjadi bagian utama dari role model yang bisa umat islam ikuti secara maksima. Semua kisah sabahat ini menjadi penting untuk selalu diingat dan diaplikasikan secara nyata pada saat hendak menjalankan ibadah puasa secara maksimal.

1. Kisah Amalan Baca Alquran Usman Bin Affan

Kisah Sahabat Nabi yang pertama dan dikenal dengan kualitas ibadahnya dalam sehari-hari adalah khalifah ketiga yakni usman bin affan. Sebagai salah satu khulafaur rasyidin, banyak yang mengatakan bahkan kualitas kepemimpinan umar sangat baik dengan kualitas ibadah tidak kalah berkualitas.

Bahkan ada beberapa riwayat yang mengatakan bahwa dalam bulan puasa dan menjalankan ibadah membaca alquran, usman bin affan seringkali mengharamkan alquran setiap hari. Hal ini tentunya menjadi satu contoh utama kepada semua umat muslim mengenai pentingnya membaca alquran pada bulan Ramadan.

Kisah Sahabat Nabi ini tentunya memiliki beberapa riwayat besar, khususnya terkait didedikasikan untuk agama Islam. Selama Rasullah masih hidup, sayyidina usman hampir selalu ada dalam ekspedisi militer bersama Rasulullah. Beliau juga termasuk orang yang sangat dicintai oleh Nabi. Dengan keistimewaan yang sangat banyak ini, ujian yang dihadapi juga sangat berat.

Salah satu ujian yang dihadapi oleh usman bin affan adalah ketika dirinya akan menjelang ajal. Seperti yang telah diketahui bahwa usman bin affan meninggal karena dibunuh pada saat menjelang buka puasa di bulan Ramadan.

Pada peristiwa pembuhuhan tersebut umur beliau 82 tahun. Dan sesuai dengan apa yang dikatakan rosulullah, bahwa Kisah Sahabat Nabi yang sangat dicintainya ini memang akhirnya akan gugur syahid. Terlebih istimewanya lagi, dalam kondisi berpuasa dan membaca al-Qur`an, hal ini menandakan akhir kematian yang indah.

 Bahkan kisah meninggalnya usman bin afan terjadi saat mengamalkan amalan yang agung (puasa), dan membaca kitab yang agung (al-Qur`an). Aspek ini menandakan bahwa hingga detik menjelang akhir hayatnya sahabat nabi satu ini masih menjalankan amalan baca al quran.

2. Kisah Amalan Baca Alquran Umar Bin Khottob

Kisah Sahabat Nabi selanjutnya yang tidak kalah penting untuk mendapatkan perhatian mengenai kualitas ibadah dibulan Ramadan, khususnya pada aspek membaca al quran adalah sahabat umar bin khattab. Sahabat nabi yang dikenal sangat bringas dan tegas ini merupakan khalifah kedua setelah abu bajar ash siddiq.

Satu hal yang perlu untuk digaris bawahi terlebih dahulu adalah bahwa umar bin khattab mempunyai sejarah manis saat hendak memeluk islam. Sebab melalui alquran dengan lantunan merdunyalah Umar yang awalnya sangat menentang nabi kemudian menjadi muallaf dan menjadi orang pertama paling berani untuk melawan pemberontak islam.

Menurut Saib bin Yazid mengatakan bahwa , “Umar bin Khattab r.a memerintahkan Ubay bin Kaab dan Tamim Al-Dari r.a untuk membangunkan orang-orang agar mendirikan sebelas rakaat. Mereka menghidupkan malam hingga menjelang waktu fajar.”

Melalui riwayat tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Kisah Sahabat Nabi khususnya umar bin khattab memang sangat meganjurkan seluruh umat islam dibawah kepemimpinannya untuk terus menghidupi malam-malam di bulan Ramadan dengan amalan maksiml, salah satunya adalah dengan membaca alquran.

3. Kisah Amalan Baca Alquran Imam Syafii

Kisah Sahabat Nabi berikutnya yang tidak kalah menarik untuk diperhatikan dan diambil hikmahnya mengenai perintah mengalamalkan baca alquran datang dari Imam Syafii. Sebagai salah satu imam penting yang saat ini menjadi model pembaharuan dan juga diikuti riwayatnya maka imam syafii nampaknya perlu dilihat juga dari aspek amalan utamanya saat bulan Ramadan.

Hal ini bisa dilihat dari riwayat Rabi bin Sulaiman yang mengatakan bahwa, “Imam Syafii mengkhatamkan Alquran pada bulan Ramadan sebanyak enam puluh kali dan bulan lainnya sebanyak tiga puluh kali.”

Syekh Abu Bakar bin Ali Al-Haddad juga menambahkan bahwa, “Aku mendapat cerita langsung dari Rabi bin Sulaiman tentang Imam Syafii bahwa dia (Imam Syafii) mengkhatamkan Alquran pada bulan Ramadan sebanyak enam puluh kali di luar bacaan salatnya yang bisa mencapai lima puluh sembilan kali. Sementara di bulan selain Ramadan, dia mengkhatamkan sebanyak tiga puluh kali.”

Hal ini menandakan bahwa Kisah Sahabat Nabi yakni imam syafii memberikan contoh dan teladan secara maksimal kepada semua umat muslim mengenai pentingnya untuk membaca alquran pada saat bulan puasa tiba. Sebab selain mendapatkan pahala, membaca alquran merupakan bentuk memperbaiki kualitas diri menjadi hamba Allah yang lebih baik.

4. Kisah Amalan Baca Alquran Imam Bukhori

Kisah terakhir dari sahabat nabi yang mengamalkan baca alquran secara konsisten dan banyak setiap harinya datang dari imam bukhori. Seperti yang telah diketahui dalam sejarh umat islam imam bukhori merupakan perawi hadist yang sangat penting serta memberikan pengaruh besar dalam beberapa memberikan sumber dalam penyelesaian masalah agama.
Kisah Sahabat Nabi yakni Imam Bukhari ini dikenal karena konsistensinya dalam mengkhatamkan Alquran pada siang hari bulan Ramadan satu kali khatam, dan pada salat malamnya setiap tiga hari satu kali khatam.

Kisah imam bukhori yang membaca alquran sangat banyak ini dilengkapi dengan riwayat dari Ibnu Rajab Al-Hanbali yang mengatakan bahwa, “Hanya saja terdapat larangan mengkhatamkan Alquran kurang dari tiga hari, namun pada waktu-waktu yang memiliki keutamaan seperti bulan Ramadan terlebih pada malam-malam Al-Qadr dan pada tempat-tempat yang utama seperti Makkah bagi yang mendatanginya.

Semua aspek penting mengenai Kisah Sahabat Nabi diatas dengan kemampuannya dalam membaca alquran di bulan suci Ramadan setidaknya bisa memberikan keyakinan lebih besar dan lebih maksimal lagi kepada umat islam untuk menjalaninya.(*)
 

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.