Olahraga

TC saat Ramadan, Shin Tae Yong Minta Pemain Timnas Menganti Puasa di Bulan Lain

Selasa, 21 Maret 2023 - 08:37
TC saat Ramadan, Shin Tae Yong Minta Pemain Timnas Menganti Puasa di Bulan Lain Timnas U-20 Indonesia menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum bertanding dalam laga terakhir Grup A Piala Asia U-20 menghadapi Timnas U-20 Uzbekistan di Stadion Istiqlol, Fergana, Uzbekistan, Selasa (7/3/20230). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

TIMES MALANG, JAKARTA – Pemain Timnas Indonesia U-20 akan menjalani pemusatan latihan untuk persiapan Piala Dunia U-20. Pemusatan latihan berbarengan dengan pelaksanaan puasa Ramadan 2023.

Terkait hal ini, pelatih Timnas U-20 Shin Tae Yong mengharapkan para pemain yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, dapat mengganti puasanya pada hari lain saat mengikuti pemusatan latihan untuk persiapan menuju Piala Dunia U-20.

Skuat Garuda Muda dihuni sejumlah pemain Muslim yang wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan, yang pada tahun ini kemungkinan akan dimulai pada 23 Maret.

"Memang agak sulit juga bagi saya. Karena para pemain seharusnya bisa makan tepat waktu. Kalau tanpa makan mereka harus lari dan bertanding itu agak sulit buat pemain," kata pelatih Shin saat ditemui di sela-sela latihan timnas senior dan timnas U-20 di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Untuk itu, pelatih Shin mengatakan dirinya akan berkomunikasi dengan pihak-pihak yang kompeten, untuk mencari solusi masalah tersebut. Salah satunya mungkin dengan tidak berpuasa Ramadan saat mengikuti pemusatan latihan, dan menggantinya pada kesempatan lain.

"Jadi saya memang harus koordinasi dulu sama pemimpin agama dan pemain juga biar bisa fokus pada hari pertandingan, dan satu hari sebelumnya. Biar kita fokus ke pertandingan. Maksudnya kita tetap makan tanpa puasa, mungkin hari-hari yang puasa itu ya mungkin bisa diganti setelah selesai periode puasa ya. Untuk itu memang harus dibicarakan kembali dengan pemain dan pemimpin agama nanti," tambah pria asal Korea Selatan itu.

Para pemain timnas U-20 akan mengikuti pemusatan latihan sampai April mendatang. Program pemusatan latihan itu akan berlangsung di Jakarta dan Korea Selatan.

Total saat ini terdapat 29 pemain yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20, dengan mayoritas pemain yang turut membela Indonesia pada Piala Asia U-20 awal bulan ini. 

Masih ada satu nama lagi yang belum bergabung untuk menjalani pemusatan latihan, yakni Marselino Ferdinan yang masih membela klubnya di Liga Belgia, yakni KMSK Deinze. 

Piala Dunia U-20 akan digelar Mei 2023 mendatang dengan Indonesia menjadi tuan rumah. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.