Olahraga

Siapa yang Bisa Tumbangkan Rekor Klose di Piala Dunia?

Selasa, 29 November 2022 - 16:37
Siapa yang Bisa Tumbangkan Rekor Klose di Piala Dunia? Miroslav Klose saat merayakan gol Piala Dunia ke-16 di Piala Dunia 2014 (FOTO: wikipedia)

TIMES MALANG, MALANG – Nama Miroslav Josef Klose mungkin akan tetap di puncak.

Selama membela timnas Jerman, mulai Piala Dunia 2002 sampai Piala Dunia 2014, Klose menyumbang total 16 gol.

Ini rekor gol terbanyak selama sejarah Piala Dunia FIFA.

Rekor ke-16 gol pria kelahiran Polandia ini, terjadi saat menang lawan timnas Brazil di semi final Piala Dunia 2014. Jerman akhirnya jadi juara dunia setelah mengalahkan Argentina di final saat itu.

Empat pemain di bawah catatan Klose, ada nama pemain Brasil Ronaldo Luís Nazário de Lima (Ronaldo) dengan 15 gol. Lalu Gerhard Muller (Jerman) 14 gol; Just Louis Fontaine (Prancis) 13 gol; dan Edson Arantes do Nascimento (Pele) dari Brasil dengan 12 gol.

Kelihatannya, rekor Klose itu tak mungkin tak mungkin terpecahkan. Hanya empat nama di bawah Klose itu yang paling mungkin menggeser rekor.

Namun, Ronaldo pensiun dari bola pada 14 Februari 2011 lalu akibat cedera kakinya yang tak kunjung sembuh. Terakhir, Ronaldo terlihat dengan pipi tembem dan tubuh gendut saat nonton pertandingan timnas Brasil lawan Swiss di Piala Dunia Qatar 2022, Senin (28/11/2022).

Lalu Gerhard Muller dengan 14 gol tadi, sudah meninggal pada Agustus 2021 lalu pada usia 75 tahun.

piala-dunia2ff9cedaac38df26.jpgAll-time World Cup top scorers 2018 (FOTO:statista.com)

Sementara Just Louis Fontaine kini umurnya sudah 89 tahun. Pensiun sudah lama sekali. Dan Sang Legenda Brasil Pele juga sudah pensiun. Umurnya saat ini 82 tahun.

Adapun mesin gol terbanyak saat ini seperti Lionel Andrés Messi atau Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro ternyata tak pernah tercatat sebagai penyumbang gol terbesar pada event Piala Dunia.

Mungkin yang bisa berpotensi mengukir rekor adalah Lionel Messi (Argentina). Itu pun bukan untuk rekor gol terbanyak Piala Dunia. Namun rekor jumlah ikut pertandingan terbanyak menggeser Lothar Matthaus (Jerman). Itu pun kalau timnas Argentina masuk final Piala Dunia 2022 Qatar.

Rekor Messi ikut pertandingan Piala Dunia sebanyak 19 kali tampil. Sedangkan Matthaus 25 pertandingan.

Siapa Klose?

Miroslav Josef Klose memulai karier sebagai tim cadangan di FC 08 Homburg pada 1998.

Setahun kemudian, pemain kelahiran 9 Juni 1978 ini baru memulai karier di Bundesliga setelah ditarik FC Kaiserslautern.

Pada 2002, pemain yang sering dipuji atas sikap fair play ini, kemudian ditunjuk pelatih Rudi Voller sebagai salah satu pemain timnas Jerman untuk Piala Dunia 2002.

Nama Klose jadi buah bibir saat itu: mencetak 5 gol lewat sundulan kepala dalam sejarah Piala Dunia.

Karirnya semakin tambah moncer setelah pelatih Karl-Heinz Rummenigge membawa Klose ke klubnya, Bayern Munchen pada 2007.

Piala Dunia 2014 jadi ajang terakhir Klose membela timnas Jerman. Empat pekan usai perhelatan sepakbola dunia itu selesai, Klose mengumumkan pengunduran dirinya dari laga sepakbola internasional.

Pada 17 Juni 2022 lalu, Klose teken kontrak untuk jabatan pelatih kepala klub Bundesliga Austria, SC Rheindorf Altach.

Meski Miroslav Josef Klose sudah tak merumput lagi, namun namanya tetap merumput di puncak sejarah Piala Dunia sampai saat ini.(*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.