https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Hadiri Gema Sholawat UIN Maliki Malang, KH D Zawawi Imron Teteskan Air Mata Cinta

Jumat, 15 Oktober 2021 - 19:14
Hadiri Gema Sholawat UIN Maliki Malang, KH D Zawawi Imron Teteskan Air Mata Cinta KH D Zawawi Imron khidmat mengikuti dan membaca sholawat nabi di acara Gema Sholawat UIN Maliki Malang secara virtual. (Foto: Tangkapan layar YouTube)

TIMES MALANG, MALANG – Kiai yang juga budayawan serta penyair terkenal asal Madura, KH D Zawawi Imron menghadiri Gema Sholawat UIN Maliki Malang, Jumat (15/10/2021). Meskipun mengikuti secara virtual, Kiai Zawawi meneteskan air mata cinta saat mendengarkan dan melantunkan sholawat nabi.

"Saya sejak tadi beberapa kali meneteskan air mata saat pembacaan sholawat. Membuat hati bergetar," ujarnya dengan suara serak, tanda tak kuat menahan desakan tangisan.

Kiai Zawawi menyampaikan bahwa pembicaraan tentang Rasulullah, sebenarnya adalah pembicaraan yang selalu melahirkan air mata. Sebab, kata dia, yang terindah pada Rasulullah adalah rasa cintanya kepada umat yang mengalir tanpa henti.

Gema Sholawat UIN Maliki Malang 2

"Kalau cinta kepada nabi, bacalah sholawat. Nabi Muhammad utusan ilahi, wajahnya jernih berseri-seri. Kalau tersenyum bertemu insan, terhapus lah sedih dan kesusahan," ungkapnya.

Menurut pria kelahiran 1 Januari 1945 itu, umat manusia patut belajar dan meneladani sosok Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad merupakan sosok pemimpin yang sulit dicari.

"Beliau dalam waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari itu sejak dari iqro', sampai beliau menghembuskan napas terakhir, beliau itu benar-benar pemimpin teladan. Suksesnya Rasulullah membuat masyarakat super jahiliyah, menjadi masyarakat yang civil society. Itu karena Rasulullah dalam dakwah dan pendidikan yang beliau lancarkan, Rasulullah tida pernah menyuruh orang lain berbuat baik sebelum beliau berbuat terlebih dahulu," bebernya.

Ia menegaskan, umat manusia biasa belajar dari perjuangan Nabi Muhammad SAW. "Kita bisa belajar pemimpin yang hanya bicara tanpa memberikan contoh baik, itu akan gagal," tegasnya.

Gema Sholawat UIN Maliki Malang 3

Rasullullah dikatakan KH Zawawi Imron, dalam dakwahnya selalu mengetuk nurani umat dan meraih simpati umat. "Tangan beliau selalu digunakan untuk merangkul, bukan memukul," tukasnya.

Sementara itu, Rektor UIN Malang Prof Dr H Zainuddin menyampaikan bahwa di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, selain pengembangan intelektual dan akademik juga ada pengembangan spiritual. Bentuknya berupa kajian Al Qur'an, barzanji, diba', doa bersama dan lainnya.

"Semoga yang kita lakukan diberikan berkah dan rahmat dari Allah SWT. Kegiatan ini sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Kami (UIN Maliki Malang) Mendatangkan narasumber dari berbagai kalangan termasuk KH D Zawawi Imron," pungkasnya. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.