https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Waterline, Mie Kulit Semangka Karya Mahasiswa UIN Maliki Malang Kembali Raih Penghargaan

Sabtu, 08 Mei 2021 - 19:39
Waterline, Mie Kulit Semangka Karya Mahasiswa UIN Maliki Malang Kembali Raih Penghargaan Tiga mahasiswa UIN Maliki Malang dan dua mahasiswa UB yang mengikuti Kompetisi IPITEx 2021. (Foto: Risna Afiatur Rosyida For TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Produk Watermelon Skin Noodles (Waterline), mie kulit semangka buatan mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) meraih Medals Bronze Awards. Medals Bronze Award pertama kali diperoleh di kompetisi WINTEX, International Inventors 2020, dan yang kedua diperoleh di kompetisi IPITEx 2021.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Kompetisi IPITEx 2021 tersebut diikuti oleh tiga mahasiswa UIN Maliki Malang dan dua mahasiswa Universitas Brawijawa (UB). Tiga mahasiswa UIN Maliki Malang yaitu bernama Bunga Salma, Marissa Nur Khoviva, dan Risna Afiatur Rosyida. Kemudian dua mahasiswa dari UB yaitu bernama Kristiani Virgi Kusuma Putri dan Aminaturrokhiyah.

"Medals Bronze Awards kedua kalinya kami peroleh pada kompetisi IPITEx 2021 dan diumumkan oleh National Research Council Of Thailand pada 30 April 2021," ujar Risna Afiatur Rosyida, salah mahasiswa UIN Maliki Malang yang mengikuti kompetisi IPITEx 2021 kepada TIMES Indonesia, Sabtu (8/5/2021).

Waterline yaitu produk mie instan yang terbuat dari kulit semangka dan mengandung banyak antioksidan yang baik bagi tubuh.

Risna Afiatur menjelaskan, produk tersebut dipilih karena mie merupakan salah satu makanan yang paling di gemari masyarakat Indonesia, namun sayangnya mie yang beredar kurang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Hal itulah yang melatarbelakangi tercetusnya ide membuat produk mie yang sehat dengan berbagai inovasi yang harapannya dapat memuaskan masyarakat agar tetap bisa menyantap mie yang memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan.

"Waterline ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Harapannya, mie instan antioksidan ini dapat menjadi salah satu hasil diverifikasi pangan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan," jelasnya.

Ia mengatakan, antioksidan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh yaitu dapat menetralisir radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh. Selain itu, antioksidan dapat memberi perlindungan terhadap berbagai penyakit degeneratif, kanker, serangan jantung, osteoporosis, dan juga diabetes.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Waterline berbahan dasar kulit semangka, ditambah dengan tepung terigu, tepung tapioka, air, garam dapur, dan telur. Kulit semangka ini memiliki berbagai jenis antioksidan seperti flavonoid, likopen, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dab senyawa fenol yang baik untuk kesehatan tubuh," ujar Risna Afiatur Rosyida, salah satu mahasiswa UIN Maliki Malang yang mengikuti kompetisi IPITEx 2021. (*)

Pewarta : Nadira Rahmasari (MG-286)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.