https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Dosen UIN Maliki Malang Jadi Pelopor Kombanas 2021

Jumat, 23 Juli 2021 - 11:34
Dosen UIN Maliki Malang Jadi Pelopor Kombanas 2021 Ahmad Makki Hasan, Dosen Bahasa Arab UIN Maliki Malang. (Foto: Ahmad Makki Hasan For TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Dosen Bahasa Arab Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), Ahmad Makki Hasan menjadi pelopor dalam Kompetisi Bahasa Arab Nasional (Kombanas) tahun 2021. Rangkaian acara Kombanas tersebut digelar pada 15 Juli sampai 9 Oktober 2021. Acara tersebut digelar secara virtual.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Peran saya di Kombanas ini sebagai Ketua Forum MGMP Bahasa Arab se-Indonesia sekaligus ketua SC Panitia Pelaksana Kombanas ke-4 Tahun 2021," ujar Ahmad Makki Hasan, dosen Bahasa Arab UIN Maliki Malang kepada TIMES Indonesia, Jumat (23/7/2021).

Makki Hassan menuturkan, semarak kompetisi bahasa Arab berbeda dengan semarak kompetisi yang lain seperti sains karena kurang begitu diminati. Hal itu menjadikan madrasah di bawah Kementerian Agama rutin menggelar kompetisi sains. Namun demikian, ia menegaskan, pembelajaran Bahasa Arab kini menjadi pembelajaran favorit di Indonesia. 

Ahmad-Makki-Hasan.jpg

"Olimpiade atau kompetisi bahasa Arab bahkan tidak pernah digelar oleh pemerintah bahkan oleh Kementerian Agama sekalipun," jelasnya.

Makki Hasan juga menuturkan, yang melandasinya menjadi pelopor dalam acara Kombanas yaitu karena pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia masih terpandang sebagai hal yang terpinggirkan. Berbeda dengan Bahasa Inggris atau pelajaran yang lain. Oleh sebab itu, menurutnya Kombanas perlu diadakan agar terciptanya semangat untuk mempelajari Bahasa Arab.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Saya berharap, dengan menjadi pelopor di kompetisi ini dapat mewadahi kompetensi pelajar di bidang bahasa Arab, mengingat juga bangsa Indonesia mayoritas penduduknya beragama muslim. Sehingga setidaknya bahasa Arab bisa mendapatkan perhatian yang sama dengan Bahasa Inggris," tutur Ahmad Makki Hasan, dosen Bahasa Arab UIN Maliki Malang. (*)

Pewarta : Nadira Rahmasari (MG-286)
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.