Pendidikan

SMPK Santa Maria 2 Malang Gelar MPLS Virtual, Panitia Jamin Tak Ada Perpeloncoan

Rabu, 14 Juli 2021 - 16:01
SMPK Santa Maria 2 Malang Gelar MPLS Virtual, Panitia Jamin Tak Ada Perpeloncoan Ketua Panitia MPLS SMPK Santa Maria 2 Malang, Trianto, saat berinteraksi dengan salah satu peserta MPLS lewat ponsel pintarnya. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Sebanyak 152 siswa-siswi baru SMPK Santa Maria 2 Malang mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara virtual selama tiga hari, Senin - Rabu (12-14/7/2021).

Pelaksanaan MPLS tahun ini sama seperti tahun lalu yang juga digelar secara virtual karena kondisi pandemi Covid-19. Seluruh siswa baru harus hadir di Zoom dan wajib memperlihatkan wajah mereka yang juga lengkap dengan atribut seragam sekolah.

Kepala SMPK Santa Maria 2 Malang Sr M. Dorothea,. SPM, M.Pd menjelaskan, kondisi pandemi Covid-19 membuat pelaksanaan MPLS harus berlangsung secara virtual.

"Tujuan kita melaksanakan MPLS di masa pandemi ini mengajarkan kita dan semua anak-anak bahwa dengan keterbatasan mereka tetap bisa mengenal lingkungan sekolah, guru, karyawan, kurikulum, kegiatan sekolah, budaya belajar di sekolah, dan semua tentang sekolah," ujarnya, Rabu (14/7/2021).

Ia menerangkan bahwa siswa yang sekolah di SMPK Santa Maria 2 Malang tidak hanya berasal dari Kota Malang. Beberapa di antara mereka datang dari berbagai daerah bahkan luar pulau Jawa.

Sementara itu, Ketua Panitia MPLS, Trianto menambahkan bahwa pelaksanaan MPLS tahun ini sedikit berbeda. Jika tahun sebelumnya siswa hanya diminta mengamati video, namun kali ini mereka bisa lebih interaktif dengan para guru dan pemateri.

"Berdasarkan evaluasi tahun lalu interaksinya kecil. Tahun ini ada interaksi dengan mereka sehingga bisa lebih komunikatif," imbuh Guru Bahasa Indonesia itu.

MPLS-Virtual-2.jpgSalah satu pemateri saat menerangkan materi yang diikuti Peserta MPLS daring.

Secara umum, jelas Trianto, siswa dibekali banyak hal seputar budaya akademik sekolah dan kegiatan di sekolah. Mereka diharapkan memahami ciri khas dari SMPK Santa Maria 2 Malang.

"Dengan kondisi saat ini, mereka harus punya tanggungjawab. Karena ke depan pembelajaran sementara akan berlangsung online dan mereka harus menyiapkan semuanya," terangnya.

MPLS SMPK Santa Maria 2 Malang tahun ini mengusung tema "Aku Tahu, Sadar, Siap, dan Melaksanakan dengan Kasih". Panitia membagi peserta sesuai kelas masing-masing dan dibimbing langsung oleh Wali Kelas.

"Kami pastikan tidak ada perpeloncoan dan bullying karena ini terpantau semua tahapan. Dan semua direkam," tegas Trianto.

Salah satu peserta, Izabelle Kiara Kurniawan, mengaku senang dan bangga menjadi bagian keluarga besar SMPK Santa Maria 2 Malang.

Siswa 7 A asal Kota Malang ini tidak mempermasalahkan meskipun MPLS digelar secara daring. Ia menyadari karena kondisi masih pandemi Covid-19.

"MPLS di sini sangat luar biasa. Meski online tapi saya seperti diajak hadir dan keliling sekolah," kata Kiara.

Ia bersyukur karena panitia dan semua guru menyapanya dengan ramah. Dia juga sempat berkenalan dengan teman-teman yang juga ikut MPLS daring.

"Saya sudah berkenalan dengan teman dari luar pulau juga. Ada teman dari Papua. Dia juga bilang senang dan bangga jadi salah satu murid SMPK Santa Maria 2 Malang," bebernya usai mengikuti MPLS daring. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.