https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Mahasiswa Humaniora UIN Maliki Sabet Juara 1 Musabaqah Khattil Qur'an

Rabu, 22 Maret 2023 - 20:58
Mahasiswa Humaniora UIN Maliki Sabet Juara 1 Musabaqah Khattil Qur'an Zaqlul Ammar Mahasiswa Fakultas Humaniora Prodi Bahasa dan Sastra UIN Maliki Malang yang menyabet juara 1 Musabaqah Khattil Qur'an (MQK). (Dok UIN Malang)

TIMES MALANG, MALANG – Prestasi gemilang diraih Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang). Mahasiswa Fakultas Humaniora, Jurusan Sastra Arab, Zaqhlul Ammar menyabet juara 1 Musabaqah Khattil Qur'an (MKQ) atau musabaqah menulis indah Al- Qur'an yang menekankan kebenaran dan keindahan tulisan menurut kaidah khath yang baku, pada acara Musabaqah Qur'aniyyah Ulul Albab (MAQRUB) tingkat Jawa Timur. 

Dalam kegiatan yang digelar oleh Hai'ah Tahfidz Al-Qur'an (HTQ) pada Sabtu - Minggu (18-19 Maret 2023) itu, Zaqhlul menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam melukis seni kaligrafi Al-Qur'an. Capaian ini merupakan capaian yang membanggakan.

Mahasiswa semester dua itu mengaku membutuhkan perjuangan yang cukup keras sampai akhirnya dapat mengalahkan peserta - peserta lainnya.  

Prestasi yang diraih, menurut Zaqhlul, juga tak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk juga HTQ UIN Maliki Malang yang memberikan kesempatan untuk mengikuti MAQRUB. Termasuk juga para dosen dan teman-teman seperjuangan yang telah memberikan motivasi dalam persiapan.

"Saya merasa sangat senang dan bersyukur bisa mendapat kesempatan untuk mengikuti kompetisi ini. Hasil ini menjadi tambahan motivasi saya tentang Al-Qur'an agar bisa menjadi lebih baik lagi di masa depan," ujarnya.

Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab UIN Maliki Dr Abdul Basid menambahkan, prestasi yang diraih Zaqhlul tentunya dapat memotivasi atau menginspirasi mahasiswa lainnya untuk juga menorehkan capaian yang sama. 

Selain itu, hal ini tentunya membanggakan bagi UIN Maliki Malang. Sebab, nama UIN Maliki Malang semakin dikenal dan mampu bersaing di kancah naisonal. "Kami berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi," ujar Dr Abdul Basid.

Dekan Fakultas Humaniora Dr M. Faisol juga menyampaikan apresiasinya. Pihaknya juga mengharapkan prestasi ini juga memotivasi mahasiswa lainnya untuk juga berprestasi, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

"Selamat atas pencapaian Zaqhlul Ammar sebagai juara 1 MAQRUB tingkat Jawa Timur. Kami berharap prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa Fakultas Humaniora yang lain untuk terus berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik," pungkasnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.