Pendidikan

Senyum Anak Yatim, Kebahagiaan SDIT Ahmad Yani Malang

Sabtu, 05 September 2020 - 16:09
Senyum Anak Yatim, Kebahagiaan SDIT Ahmad Yani Malang Kepala SDIT Ahmad Yani Nurdiah Rachmawati, SPd, MPd memberikan paket spesial kepada anak yatim, Sabtu (5/9/2020) (Foto: SDIT Ahmad Yani Malang for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Sabtu (5/9/2020) pagi yang cerah, tepat 17 Muharram 1442 H, SDIT Ahmad Yani Malang menebar senyum kebahagiaan untuk anak yatim dalam acara yang bertajuk 'Festival Senyum Keluarga Hebat'. 

Acara yang diselenggarakan di halaman Masjid Jenderal Ahmad Yani Jl Kahuripan 12 Kota Malang ini diselenggarakan SDIT Ahmad Yani bersama YDSF, Muslim Mart, Takmir Masjid Jenderal Ahmad Yani dan SEnyum Keluarga Yatim.  Semua yang hadir di acara ini menebarkan senyum sebagai ciri orang yang sedang berbahagia. 

Terlebih momen spesial ini diadakan di bulan Muharram, salah satu bulan yang dimuliakan,  dengan berbahagia bersama anak-anak yatim. Dalam suasana Muharram, yang dikenal pula dengan Hari Raya Anak Yatim, kali ini menghadirkan 50 anak beserta keluarganya untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang dikemas rapi oleh panitia. 

Meskipun menggunakan masker, senyum tulus dari para peserta tidak dapat dibendung, karena banyak sekali kejutan-kejutan yang didapatkan. Acara yang tetap menerapkan protokol ketat kesehatan ini pun mengalir lancar dan sangat berkesan.

Pihak YDSF menyajikan rangkaian acara berupa Bazar Nutrisi, penyuluhan gizi, memasak tanpa api, penyerahan bingkisan sembako, penyerahan kuota internet dan lomba kreatifitas via daring. Semua acara tersebut khusus dipersembahkan untuk para anak yatim yang hadir. 

SDIT Kasih Yatim 03

Dalam sambutannya, Kepala SDIT Ahmad Yani Nurdiah Rachmawati, SPd, MPd mengaku sangat berbahagia melihat senyum anak yatim merekah. 

"Kebahagiaan mereka adalah kebahagiaan kami juga. Tentu kami berterima kasih kepada Yayasan Masjid Jenderal Ahmad Yani, Muslim Mart, dan juga terkhusus kepada YDSF yang bersama-sama saling bersinergi untuk mensyiarkan agama Islam yang salah satunya melalui rangkaian acara ini," ujarnya. 

Menurutnya, dari pihak SDIT Ahmad Yani sendiri juga berdonasi bersama untuk mensukseskan acara ini. "Dan Alhamdulillah antusiasme para wali peserta didik maupun para guru sangat besar sekali. Hal tersebut terbukti dengan terkumpulnya donasi puluhan juta rupiah," imbuhnya. 

Ia menambahkan jika  momen spesial ini tetap digunakan sebagai media memupuk karakter kepada peserta didik. Caranya donasi yang dikumpulkan adalah uang saku dari masing-masing peserta didik dalam kurun waktu 2 pekan.  Masing-masing peserta didik pun berlomba-lomba mengumpulkan uang sakunya untuk didonasikan.

SDIT Kasih Yatim 02

"Sehingga nilai pendidikan karakter empati, peduli sesama, dll yang ada pada acara ini tercapai. Semoga apa yang telah diniatkan berdonasi untuk anak yatim ini mendapatkan ridha Allah Swt dan tentunya anak yatim yang hadir lebih berbahagia dan bersemangat untuk menyongsong masa depan yang cerah,” paparnya.

Bu Rachma - panggilan akrab Kepala sekolah menambahkan pesan, "Tetaplah berbahagia dari hari ini sampai seterusnya, kami akan bersama kalian, semoga ananda sekalian para anak yatim menjadi anak-anak yang shaleh-shalehah dan sukses ke depannya, dan mohon doakan kami semua juga agar istiqomah dalam kebaikan, bersama-sama menebar kebahagiaan kepada siapapun."

Acara semakin meriah dengan dongeng yang disampaikan pendongeng nasional, Kayla. Semua peserta semakin berbahagia tatkala pendongeng cilik ini mengajak bersama-sama untuk bernyanyi. Dongeng berjudul 'Menjaga Kebersihan' mendapatkan aplause yang sangat meriah dari semua penonton, apalagi  pesan yang disampaikan sangat mudah dipahami oleh semuanya.

Ustadz Abdul Madjid selaku ketua yayasan juga sangat berterima kasih atas program YDSF berkolaborasi dengan beberapa pihak yang ada di lingkungan yayasan ini. "Tentu kolaborasi seperti ini adalah sebuah kebutuhan bagi kita semua, menebar manfaat bagi sesama dan keberkahan. InsyaAllah akan didapatkan oleh semua pihak yang turut andil dalam acara ini," katanya.

SDIT Kasih Yatim 04

Di akhir acara, semua anak yatim berbaris rapi untk mendapatkan kejutan pamungkas berupa parcel spesial yang berisi berbagai nutrisi, ditambah lagi dengan uang saku serta buku Science karya Syafii, guru yang mengajar IPA di SDIT Ahmad Yani.

"Terima kasih banyak, semoga berkah, YDSF semakin maju,SDIT Ahmad Yani semakin sukses, Muslim Mart semakin jaya dan semuanya sehat selalu," ucap salah seorang peserta sesaat setelah menerima parcel di ujung acara.

Turut hadir juga dalam acara SDIT Ahmad Yani Malang ini adalah direktur Lembaga Zakat nasional YDSF Fandi Bakhtiar, SPd, Pembina Yayasan Masjid Jenderal Ahmad Yani Letkol (Purn) Abdul Rasyid, Ketua Yayasan Dr Abdul Madjid, Syam, MA dan ketua Takmir Masjid Jenderal Ahmad Yani Drs H Matin, MM. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.