Pendidikan

Smart Cam Bridge, Karya Mahasiswa UMM Diganjar Penghargaan Internasional

Jumat, 16 April 2021 - 19:44
Smart Cam Bridge, Karya Mahasiswa UMM Diganjar Penghargaan Internasional Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Alifia Oriana Prabaswara menunjukkan karyanya yang bernama Smart Cam Bridge. (Foto: Humas UMM)

TIMES MALANG, MALANG – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Alifia Oriana Prabaswara membawa nama baik Indonesia dan kampusnya. Ia membuat alat bernama Smart Cam Bridge.

Teknologi ini dibuat olehnya dalam rangka mengikuti perlombaan Internasional Science Technology and Engineering Competition (ISTEC) 2021. Adapun kompetisi yang diadakan secara daring tersebut diikuti oleh peserta dari 20 negara. Alifia mampu mengalahkan peserta lain dan menyabet juara kedua dalam kompetisi itu.

Inovasi ini berangkat dari keprihatinan dia dengan pengelolaan jembatan di Indonesia. Lantas Alifia menciptakan teknologi pemeliharaan jembatan berbasis pengelolaan citra.

Smart Cam Bridge

Ia mengungkapkan bahwa jembatan merupakan jalur yang krusial karena menghubungkan daerah satu dengan yang lain. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak jembatan, namun proses pemeliharaannya kurang maksimal.

“Teknologi pemeliharaan jembatan melalui pengelolaan citra masih belum ada. Di luar negeri, teknologi pengelolaan citra baru digunakan pada bidang medis seperti pendeteksi kanker kulit. Padahal teknologi ini dapat digunakan secara cepat dan tepat pada bidang lain,” ujarnya.

Mahasiswa asal Malang tersebut menjelaskan bagaimana cara penggunaan teknologi ini. Pertama, pengguna harus memotret jembatan yang akan diulas. Selanjutnya foto dimasukan ke Matrix Laboratory (MATLAB) untuk diolah secara menyeluruh. Usai diolah, nantinya hasil akan segera didapat.

“Untuk saat ini, Smart Cam Bridge hanya bisa digunakan pada jembatan baja saja. Kemarin saya melakukan uji coba dengan batang besi yang diberi beban. Informasi yang dihasilkan cukup membantu untuk mengetahui kondisi besi tersebut,” ungkapnya.

Smart Cam Bridge 1

Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil ini berharap nantinya ia bisa bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk melakukan upaya preventif dalam pencegahan rusaknya jembatan. Apalagi tidak jarang, banyak jembatan yang tiba-tiba roboh dan mengganggu kegiatan warga sekitar.

“Saya ingin alat ini terus dikembangkan dan diuji coba pada jembatan baja sungguhan. Saya juga berharap alat Smart Cam Bridge dapat digunakan untuk model jembatan yang lain namun dengan metode yang sama,” pungkasnya mahasiswa UMM itu. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.